Program Pemberdayaan Masyarakat Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

Aristyanto, Erwan and Edi, Agus Sarwo and Riduwan, Riduwan (2022) Program Pemberdayaan Masyarakat Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. In: Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibilty (PKM-CSR).

[img] Text (Program Pemberdayaan Masyarakat Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik)
Program Pemberdayaan Masyarakat Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.pdf

Download (221kB)

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mempunyai sasaran kepada Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik bertujuan untuk membuka wawasan dan menanamkan semangat serta rasa percaya diri berwirausaha kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Permasalahan mitra UMKM kami yang bernama bu Nur yang memproduksi keripik usus dominan dalam hal pemasaran (misalnya standar kualitas produk, permintaan terhadap produk, kurangnya variasi produk, pelaksanaan kegiatan promosi dan persaingan harga). Disamping itu, tidak stabilnya pasokan dan harga bahan baku serta bahan penunjang lainnya ( misalnya: kelangkaan persediaan bahan baku dan harga bahan baku yang cenderung fluktuatif).

Solusi yang di berikan untuk permasalahan bidang Produksi, tim akan melakukan pendampingan dan pelatihan tentang standar kualitas produk, Pendampingan dan pelatihan pengembangan produk UMKM, penggunaan deep fryer. Pendampingan dan pelatihan pengembangan produk UMKM. Konsultasi/uji coba di Laboratorium Sains UWP. Penyuluhan kebersihan makanan dari kader Puskesmas. Solusi untuk permasalahan bidang Keuangan, tim akan memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan pembukuan sederhana untuk mengetahui perkembangan usaha mereka dan solusi untuk permasalahan masalah di bidang Pemasaran, tim akan mengawal mereka membuat label yang modern dan praktis dengan merk yang mereka ciptakan. Lalu mendampingi mereka melalukan pemasaran secara offline dan online agar jangkauan pasar mereka lebih luas. Secara Offline produk tersebut akan dibuatkan brosur dan banner, sedangkan secara online akan dilakukan dengan pembuatan kontak whatsapp dan pemasaran melalui market place. Untuk pemasaran online akan didahului dengan Pelatihan dan pendampingan IT yang melibatkan mitra dan anak mitra

Target Luaran adalah solusi atas permasalahan yang mereka hadapi,pemakalah dalam seminar nasional, publikasi ilmiah melalui jurnal nasional, publikasi pada media massa, hak kekayaan intektual, peningkatan kualitas dan kuantitas perilaku sosial keagamaan, peningkatan jiwa kewirausahaan, peningkatan penerapan IPTEK, serta peningkatan nilai keperdulian sesama di masyarakat sekitar.

Metode yang di gunakan adalah pelatihan dan pendampingan terhadap mitra. Rencana yang akan dilakukan oleh tim adalah dengan memberikan pendampingan dan pelatihan dalam bidang produksi, bidang keuangan dan bidang pemasaran. Setelah itu tim akan mengawal mitra untuk mengevaluasi setiap program kegiatan. Kemudian mendampingi mitra dalam berbagi keilmuan dengan masyarakat yang lebih luas. Dengan di laksanakan program kegiatan Pengabdian ini diharapkan tumbuhnya pendapatan sehingga meningkatkan kesejahteraan mitra.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengabdian Kepada Masyarakat, UMKM, Keripik Usus
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prosiding
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:36
Last Modified: 19 Jun 2024 08:36
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/5605

Actions (login required)

View Item View Item