Evaluasi Program Sertifikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan

Mohammad, Fathurrahman (2014) Evaluasi Program Sertifikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Evaluasi Program Sertifikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan)
0410000001461.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan sertifikasi bagi guru dan dosen memang suatu langkah yang strategis untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Secara formal, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa guru adalah tenaga profesional. Sebagai tenaga profesional, guru dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik S- 1 (strata satu) atau D-4 (diploma empat) dalam bidang yang relevan dengan mata pelajaran yang diampunya dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Tujuan sertifikasi guru tidak lain untuk menentukan kelayakan seorang guru dalam melaksakan tugas sebagai pendidik professional, meningkatkan proses dan hasil pembelajaran, meningkatkan kesejahtraan guru, serta meningkatkan mertabat guru. Guru merupakan salah satu factor yang berperan dalam peningkatan mutu pendidikan, maka tidak heran jika peningkatan mutu pendidikan dimulai dengan peningkatan kualitas pendidik. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, Adapun sebagai obyek penelitian tentang implikasi progam sertifikasi guru SD dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan, dan sebagai lokasi penelitian adalah sekolah SD yang ada di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Konsistensi dalam komunikasi sertifikasi Guru SD di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan juga baik. Dengan memakai acuan buku pedoman maka para pelaksana mampu menjaga kekonsitenan informasi dan melaksanakan tugasnya dengan baik. Faktor ini meliputi staf, informasi, wewenang dan fasilitas. Komponen yang pertama adalah staf. Meskipun dari segi jumlah pelaksana sertifikasi Guru SD di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan tidak terlalu banyak namun dengan bekal kemampuan yang dimiliki maka mereka mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut. Secara umum kecenderungan pelaksana dalam implementasi kebijakan Guru SD di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan adalah baik. Para pelaksana kebijakan sertifikasi ini memiliki sikap atau perspektif yang mendukung kebijakan sehingga proses implementasi kebijakan berjalan efektif. Adanya hubungan hierarkhi dan pembagian tanggung jawab yang tegas di antara personel menyebabkan struktur birokrasi menjadi efektif. Pelaksanaan pekerjaan juga dibarengi dengan pengawasan yang efektif. Dampak Sertifikasi Guru terhadap Kualitas Pendidikan diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan sertifikasi guru mempunyai dampak yang positif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di SD di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan termasuk baik.
Kata Kunci : Evaluasi Program, Serifikasi dan Guru SD

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Serifikasi dan Guru SD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:44
Last Modified: 01 Feb 2023 08:44
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item View Item