Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt. Goldfindo Intikayu Pratama

Kabib, Kabib (2013) Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt. Goldfindo Intikayu Pratama. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt. Goldfindo Intikayu Pratama)
0110000001175.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, desain produk, dan harga terhadap loyalitas pelanggan PT. Goldfindo Intikayu Pratama. Penelitian dilakukan di PT. Goldfindo Intikayu Pratama Gresik dengan menggunakan sampel penelitian 6 perusahaan (tiap perusahaan diambil 3 responden, jadi total responden adalah 18 orang) yang merupakan pelanggan atau konsumen dari PT. Goldfindo Intikayu Pratama. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrument penelitian, yaitu kuesioner yang berisi pernyataan untuk mengukur kualitas produk, desain produk, dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, determinasi berganda, serta uji F dan uji t. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan yang diberikan oleh product quality (kualitas produk), product design (desain produk), price (harga) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan PT. Goldfindo Intikayu Pratama, hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikansi yang dihasilkan pada uji F adalah sebesar 0.002 yang lebih kecil daripada 0,05. Kemudian uji t yang dilakukan menghasilkan Product quality (kualitas produk), product design (desain produk), price (harga) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan PT. Goldfindo Intikayu Pratama, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung dari variabel kualitas produk adalah 1,795 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,014, thitung variabel desain produk adalah 3,424 dengan tingkat signifikansi 0,008, dan thitung variabel harga adalah 4,099 dengan tingkat signifikansi 0,004. Data di atas menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihasilkan masing-masing variabel kualitas produk, desain produk, dan harga berada di bawah 0,05 Hubungan kausal antara Product quality (kualitas produk), product design (desain produk), price (harga) dengan loyalitas pelanggan PT. Goldfindo Intikayu Pratama dijelaskan oleh persamaan regresi linier berganda Y = 2,115 + 0,558 X1 + 0,600 X2 + 0,620 X3, persamaan tersebut menunjukkan adanya hubungan signifikan positif antara kualitas produk, desain produk, maupun harga dengan loyalitas pelanggan. Kemudian uji determinasi berganda menunjjukan bahwa nilai R2 (adjusted R Square) adalah 0,891, yang artinya adalah kemampuan variabel kualitas produk, desain produk dan harga dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah sebesar 89,1% sedangkan 10,9% adalah sumbangsih dari faktorfaktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini
Kata Kunci: Product quality (kualitas produk), Product design (desain produk), Price (harga), dan Customer Loyalty (loyalitas pelanggan)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Product quality (kualitas produk), Product design (desain produk), Price (harga), dan Customer Loyalty (loyalitas pelanggan)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:52
Last Modified: 26 Dec 2022 02:52
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4377

Actions (login required)

View Item View Item