Priyambudi, Surya and Setyowati, Yulis and Murdani, Muhammad Harist (2021) Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya. PKM-CSR, 4. pp. 673-682. ISSN 2655-3570
|
Text (Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya)
PKM CSR 2021 - Surya Priyambudi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Hasil Plagiarisme)
Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review)
Peer review prosiding Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya (1).pdf Download (958kB) | Preview |
Abstract
Mitra pengabdian kepada masyarakat adalah SMA Wijaya Putra Surabaya. Permasalahan Mitra, yaitu: 1)Guru belum memaksimalkan penggunaan materi digital; 2)Guru mengalami kebingungan mengelolah perangkat pembelajaran daring; 3)Peserta didik mengalami kebingungan belajar karena berbagai aplikasi pembelajaran daring yang dipergunakan guru; 4)Pimpinan sekolah tidak dapat memonitoring kegiatan belajar karena aplikasi pembelajaran daring yang dipergunakan berbeda-beda. Metode menyelesaikan masalah, yaitu: 1)Pelatihan dan pendampingan Guru pembuatan materi digital pada aplikasi pembelajaran daring; 2)Pembuatan aplikasi LMS berupa Virtual Class untuk pembelajaran daring; 3)Pelatihan dan pendampingan Guru dan Peserta Didik dalam penggunaan aplikasi Virtual Class pembelajaran daring; 4)Pelatihan dan pendampingan Pimpinan Sekolah dalam memonitoring pembelajaran daring aplikasi Virtual Class. Pelaksanaan program, yaitu: 1)Koordinasi mitra dalam perancangan materi digital dan storyboard aplikasi Virtual Class; 2)Pelatihan dan pendampingan pembuatan materi digital menggunakan aplikasi Power Point, Kinemaster, dan Google; 3)Pembuatan LMS berupa aplikasi Virtual Class; 4)Pelatihan dan pendampingan aplikasi Virtual Class bagi guru dan peserta didik; 5)Pelatihan dan pendampingan pimpinan sekolah memonitoring pembelajaran daring aplikasi Virtual Class. Evaluasi kegiatan dilakukan setiap selesai pelatihan dan pendampingan serta keberlanjutan dilakukan minimal 2 bulan sekali dalam 1 tahun setelah program selesai dilakukan. Diharapkan SMA di Kota Surabaya yang memiliki permasalahan tentang media pembelajaran dapat diberikan Training of Trainers oleh SMA Wijaya Putra Surabaya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Learning Management System, Virtual Class, Sekolah Menengah Atas. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurnal |
Depositing User: | Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I. |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 06:00 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 05:07 |
URI: | http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3514 |
Actions (login required)
View Item |