PENGARUH KINERJA KLINIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi pada Poli THT RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik)

F A T M A W A T I, F A T M A W A T I (2016) PENGARUH KINERJA KLINIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi pada Poli THT RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik). Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (PENGARUH KINERJA KLINIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi pada Poli THT RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik))
S57.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kepuasan pasien ditentukan oleh pelayanan yang diberikan, jika pelayanan yang diberikan baik, diharapkan dapat memberikan kepuasan dan mempertahankan pelanggan yang lebih banyak, karena apabila pasien mendapatkan pelayanan yang menurut pendapat pasien baik, maka ia akan merasa puas dengan pelayanannya, dan hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kepuasan pasien yang terbentuk dari pendapat pasien itu sendiri, maka pihak rumah sakit senantiasa harus meningkatkan pelayanannya, karena setiap orang memiliki pendapat tersendiri terhadap pelayanan yang diberikan, dengan demikian rumah sakit akan mendapatkan kunjungan pasien yang meningkat. Di RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik pelayanan yang di berikan kepada pasien khususnya pada Poli THT masih kurang memuaskan, lebih dikarenakan masih rendahnya kinerja klinis rumah sakit terutama pada bagian Poli THT. Banyak masalah yang ditemukan diantaranya: dalam hal waktu menunggu, keramahan petugas, kejelasan informasi, keikutsertaan mengambil keputusan berobat, kepercayaan terhadap petugas sehingga menyulitkan pasien atau keluarga pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa nilai R-squared yakni sebesar 0,819. Ini mengandung arti bahwa variabel kinerja klinis di Poli THT (X) terhadap kepuasan pasien (Y) di RSUD Ibnu Sina Gresik sebesar 0,819 atau 81,9%, sedangkan sisanya sebesar 18,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel kinerja klinis (X) mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap terhadap kepuasan pasien (Y) di Poli THT RSUD Ibnu Sina Gresik. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan untuk t hitung sebesar 0,000, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai a (0,000< 0,05). Berdasar hasil tersebut, maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas faktor kinerja klinis (X) terhadap variabel terikat kepuasan pasien (Y) di Poli THT RSUD Ibnu Sina Gresik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Klinis, Kualitas Pelayanan dan Pasien Rumah Sakit
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:57
Last Modified: 29 Apr 2021 04:57
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item View Item