Pengaruh Inovasi Organisasi Terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Pelabuhan

Anwar, Muhammad and Dwiningwarni, Sayekti Suindyah and Arisandra, Martha Laila (2019) Pengaruh Inovasi Organisasi Terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Pelabuhan. Jurnal eBA, 5 (2). ISSN 2407-8166

[img]
Preview
Text (Pengaruh Inovasi Organisasi Terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Pelabuhan)
Artikel Anwar -5.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
PENGARUH INOVASI ORGANISASI TERHADAP KUALITAS JASA PELAYANAN PELABUHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Keterangan)
Surat Keterangan Jurnal eBA20210203_20074918.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh inovasi organisasi (tangible, reability,
responsiveness, assurance dan empathy) terhadap kualitas jasa layanan, dengan menggunakan Model
Innovative Internal Service Quality (IISQ) . Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
tangible berpengaruh positif dan nyata terhadap kualitas jasa layanan secara parsial. Sedangkan variabel
realibility, responsiveness, assurance, empathy berpengaruh postif terhadap kualitas jasa pelayanan
tetapi tidak signifikan. Ini berarti bahwa inovasi organisasi yang berupa kegiatan/produk nyatalah yang
berpengatuh terhadap kualitas layanan. Sedangkan kegiatan yang lain hanya sebagai penunjang
peningkatan kualitas layanan. Variabel responsiveness memiliki pengaruh yang dominan terhadap
kualitas pelayanan, namun tidak signifikan. Ini menunjukkan bahwa para penyelenggara kegiatan dan
penyedia jasa layanan memiliki respon yang besar terhadap kualitas pelayanan, artinya para penyedia
layanan jasa kepelabuhan sangat tanggap terhadap kebutuhan dari pengguna jasa layanan pelabuhan,
sehingga para perngguna merasa puas karena segera mendapatkan tanggapan untuk dilayani.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inovasi Organisasi; Kualitas Layanan Internal; Inovatif Internal Sevice Quality
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 27 Aug 2020 09:19
Last Modified: 04 Feb 2021 06:44
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item