Inovasi Pelayanan Pencatatan Pernikahan Melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Secara Online Di Kua Kecamatan Tandes Kota Surabaya

Lailatul, Lutfi Rahmadani (2023) Inovasi Pelayanan Pencatatan Pernikahan Melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Secara Online Di Kua Kecamatan Tandes Kota Surabaya. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Inovasi Pelayanan Pencatatan Pernikahan Melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Secara Online Di Kua Kecamatan Tandes Kota Surabaya)
REVBARU_Skripsi- Lailatul Lutfi - fatkur roji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik inovasi berdasarkan teori Rogers pada pelayanan pencatatan pernikahan melalui “Sistem Informasi Manajemen Nikah” (SIMKAH) secara online di KUA Kecamatan Tandes dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan inovasi SIMKAH secara online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori atribut inovasi yang dimiliki oleh Rogers. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan dua cara antara lain data primer seperti wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan data sekunder seperti buku, catatan laporan serta karya ilmiah. Informan penelitian ini sebanyak 8 (delapan) orang yang terdiri pegawai KUA dan masyarakat yang akan melaksanakan pernikahan dan yang sudah menikah. Hasil penelitian menujukkan bahwa karakteristik inovasi yang terdiri lima dimensi yakni relative adventage (keuntungan relatif), menunjukkan bahwa inovasi SIMKAH secara online memudahkan input, penyisipan, dan penghapusan data yang terkait dengan administrasi pernikahan hanya dengan menggunakan perangkat seluler atau laptop. Dimensi compability (kesesuaian), inovasi SIMKAH secara online telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan dibuktikan dengan fiturnya yang memiliki kesesuaian dari segi tampilan SIMKAH secara online yang lebih lengkap dan lebih mudah untuk diakses. Dimensi complexity (kerumitan), menunjukkan masih belum pahami terkait penggunaan aplikasi SIMKAH dikarenakan rumitnya fitur tampilan SIMKAH secara online. Selain itu server yang sering mengalami take down karena banyaknya pengguna yang mengakses SIMKAH secara online serta jaringan internet yang tidak stabil. Dimensi triability (kemungkinan dicoba) inovasi SIMKAH secara online telah melalui proses uji coba yang diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan sosialisasi tetapi belum merata kesemua lapisan masyarakat. . Terakhir dimensi observability (kemudahan diamati), inovasi SIMKAH secara online memberikan manfaat dan sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat serta dari segi fitur tampilan juga mudah dipahami dan berjalan sesuai prosedur dan mekanisme yang berdasarkan fitur yang berlaku. Inovasi SIMKAH secara online memiliki beberapa faktor pendukung yaitu SDM (Sumber Daya Manusia) yang terampil dan berpengalaman, adanya peraturan yang ditetapkan dan dimanfaatkan dengan baik, adanya sarana dan prasarana yang menunjang. Sedangkan faktor penghambat yaitu koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya pemerataan sosialisasi mengenai SIMKAH secara online kepada masyarakat, server dari pusat yang terkadang mengalami take down.
Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan Publik, SIMKAH Secara Online

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, SIMKAH Secara Online
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 11 Jan 2024 09:01
Last Modified: 11 Jan 2024 09:01
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/5409

Actions (login required)

View Item View Item