Strategi Pengembangan Usaha Agroindustri Aneka Olahan Sari Bunga Mawar Di Upt Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur

Elisabet, Kristi (2021) Strategi Pengembangan Usaha Agroindustri Aneka Olahan Sari Bunga Mawar Di Upt Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Strategi Pengembangan Usaha Agroindustri Aneka Olahan Sari Bunga Mawar Di Upt Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur)
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI ANEKA OLAHAN SARI BUNGA MAWAR DI UPT PENGEMBANGAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA-2-1 (1) - ELISABET KRISTI (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Saat ini UPT PATPH sedang menghadapi para kompetitor, hal ini membuat perusahaan perlu menyusun strategi usahanya agar mampu bertahan menghadapi persaingan, serta bisa menghadapi tantangan dan juga peluang yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi pengembangan usaha UPT PATPH, 2) Merancang alternatif strategi bagi UPT PATPH dalam mengembangkan usahanya. Berdasarkan pengelolaan data menggunakan matriks IFE, dapat diketahui faktor yang menjadi kekuatan utama dari UPT PATPH adalah hubungan antar karyawan yang erat seperti keluarga dengan skor sebesar 0,360541 dan faktor yang menjadi kelemahan utama yaitu proses produksi dan pengemasan dilakukan dengan cara sederhana dengan skor sebesar 0,097376. Sedangkan pada pengelolaan data menggunakan matriks EFE, dapat diketahui faktor yang menjadi peluang utama UPT PATPH adalah lokasi tempat usaha yang berada di kawasan bisnis dengan skor sebesar 0,321514 dan faktor yang menjadi ancaman utama adalah ketergantungan terhadap musim berbunga dengan skor sebesar 0,321514. Berdasarkan analisis menggunakan matriks IE, posisi perusahaan berada pada sel II, yaitu tumbuh dan membangun (Grow and Bulid) dengan total nilai IFE sebesar 2,426105 dan total nilai EFE sebesar 3,266226. Strategi yang digunakan perusahaan pada posisi ini adalah strategi intensif dan strategi integrative Dalam merumuskan alternatif strategi yang bisa diterapkan oleh UPT PATPH, dilakukan analisis menggunakan matriks SWOT. Dari analisis tersebut diperoleh enam alternatif strategi yaitu Mengembangkan pemasaran produk dengan bekerjasama membuka konter penjualan di dalam tempat wisata dan pusat perbelanjaan, Meningkatkan kegiatan promosi dengan memanfaatkan media sosial dan website, Meningkatkan citra produk dengan memberikan informasi keunggulan produk pada kemasan dan juga media promosi, Meningkatkan pemasaran dengan menjalin kerjasama dengan penyedia marketplace berbasis sistem online, Mengembangkan produk dengan menciptakan produk baru dengan kemasan yang lebih ekonomis dan Memperbaiki manajemen perusahaan agar mampu menghadapi persaingan usaha di era digital Analsisis selanjutnya yaitu menggunakan matriks QSP untuk mengetahui alternatif strategi yang menjadi prioritas bagi UPT PATPH. Dan berdasarkan analisis tersebut, alternatif strategi yang menjadi prioritas utama UPT PATPH adalah Meningkatkan citra produk dengan memberikan informasi keunggulan produk pada kemasan dan juga media promosi dengan nilai ΣTAS sebesar 4,67301.
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Usaha, UPT PATPH

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan Usaha, UPT PATPH
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:13
Last Modified: 11 Jan 2024 08:13
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/5407

Actions (login required)

View Item View Item