Strategi Pemasaran Jahe Merah Instan Di Kecamatan Wonoayu Sidoarjo (Studi Kasus Di,Umkm Desa Lambangan Kabupaten Sidoarjo)

Yohanes ., W. Cadura (2023) Strategi Pemasaran Jahe Merah Instan Di Kecamatan Wonoayu Sidoarjo (Studi Kasus Di,Umkm Desa Lambangan Kabupaten Sidoarjo). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Strategi Pemasaran Jahe Merah Instan Di Kecamatan Wonoayu Sidoarjo (Studi Kasus Di,Umkm Desa Lambangan Kabupaten Sidoarjo))
SKRIPSI Yohanes w cadura 1 - Yudhy Jehanus (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di Desa Lambangan, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo ini terdapat beberapa UMKM yang memproduksi jahe merah instan salah satunya yaitu UMKM Hensam Sari Jahe Merah Instan,Jahe Merah El Nuha,Mawaddah Jahe Merah Instan, yang sudah berjalan dari tahun 2016 dan memproduksi bubuk jahe merah instan dan Temulawak. Warna minuman yang cantik dan rasanya yang tidak terlalu pedas membuat sirup jahe merah Aroma Hensam Sari Jahe Merah Instan, memiliki banyak penggemar dari anak-anak hingga orang tua. Pada saat pandemi lalu, minuman jahe merah maupun bubuk jahe merah instan ini mengalami peningkatan penjualan yang signifikan karena banyaknya peminat. UMKM di Desa Lambangan,ini masih memiliki keterbatasan dalam hal pemasaran terutama pada digital marketing, padahal perkembangan teknologi yang begitu luas kini dapat memudahkan dalam aspek pemasaran sebuah produk. Adanya potensi pengembangan UMKM ini diperlukan adanya strategi yang tepat mengenai pemasaran produk agara dapat meningkatkan penjualan produk dan perluasan pasar. Tujuan dari Penelitian ini adalah :1). Untuk mengetahui faktorfaktor internal yang dapat menjadi kekuatan dan kelemahan serta faktor-faktor eksternal yang dapat menjadi peluang dan ancaman bagi UMKM di Desa Lambangan dalam memasarkan jahe merah instan. 2). Untuk mengetahui alternatif-alternatif strategi pemasaran jahe merah instan yang seharusnya diterapkan oleh UMKM di Desa Lambangan,3). Untuk mengetahui strategi pemasaran jahe merah instan yang paling tepa bagi UMKM di Desa Lambangan.Metode Penetuan Lokasi Penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di UMKM Desa Lambangan, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Siduarjo.Metode Analisis Data Menggunakan, Analisis Situasi Pasar, Analisis Pesaing, Analisis Pelanggan, Analisis melalui QSPM.Pengambilan Keputusan Strategi Berdasarkan diagram hasil analisis SWOT, diketahui bahwa alternatif strategi pemasaran jahe merah instan di Desa Lambangan mendukung strategi SO, yang terdiri atas meningkatkan kuantitas produksi (strategi 1), meningkatkan pelayanan terhadap agen dan pelanggan (strategi 2), serta melakukan perluasan pasar (strategi 3). Tahap selanjutnya dalam perumusan strategi pemasaran adalah tahap keputusan dengan menggunakan QSPM.
Kata Kunci : Jahe,Pemasaran,Strategi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jahe,Pemasaran,Strategi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:37
Last Modified: 28 Dec 2023 04:37
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item