Analisis Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Lokal Dan Buah Impor (Studi Kasus Di Hoky Buah Panglima Sudirman-Surabaya)

Marta, Adin (2023) Analisis Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Lokal Dan Buah Impor (Studi Kasus Di Hoky Buah Panglima Sudirman-Surabaya). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Lokal Dan Buah Impor (Studi Kasus Di Hoky Buah Panglima Sudirman-Surabaya))
Skripsi Marta Adin - Martha Adinda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut-atribut utama yang terdapat pada buah lokal dan impor yang dipertimbangkan dan menjadi pilihan konsumen serta menganalisis persepsi konsumen terhadap buah lokal dan buah impor di Hoky Buah Panglima Sudirman-Surabaya. Penelitian ini terdiri dari konsumen akhir pembeli buah baik lokal maupun impor. Buah yang menjadi sampel adalah apel dan jeruk. Dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif yaitu berkaitan dengan karakteristik demografi responden yang berjumlah 55 orang. Sedangkan analisis kuantitatif yang digunakan antara lain uji asosiasi dengan Cochran Q-Test,uji validitas dan reliabilitas, serta analisis Perceived Quality. Hasil penelitian antara lain atribut-atribut yang dipertimbangkan sehingga menjadi atribut utama dalam melakukan pembelian dan konsumsi buah apel dan jeruk baik lokal maupun impor, yaitu untuk apel lokal atribut utama yang dipertimbangkan konsumen adalah jenis/varietas, harga, rasa, kesegaran dan kandungan vitamin, sedangkan untuk apel impor atribut utama ada sembilan, yaitu jenis/varietas, harga, rasa, warna, kesegaran, aroma, kandungan air, kandungan vitamin dan masa simpan. Sementara itu untuk jeruk lokal atribut utama yang dipertimbangkan oleh konsumen ada delapan atribut, antara lain jenis/varietas, harga, rasa, warna, kesegaran, aroma, kandungan air, dan kandungan vitamin. Sedangkan untuk jeruk impor terdapat sembilan atribut utama yang dipertimbangkan konsumen yaitu jenis/varietas, harga, rasa, bentuk, warna, kesegaran, aroma, kandungan air, dan kandungan vitamin. Sedangkan mengenai persepsi konsumen terhadap buah lokal dan impor yang dalam pennelitian ini diwakili oleh buah apel dan jeruk, didapatkan hasil bahwa persepsi konsumen lebih baik dan positif terhadap apel impor dan jeruk lokal. Hal ini dapat dilihat dari skor PQ yang telah dihitung berdasarkan skor dari tingkat kepentingan dan performance masing-masing atribut. Untuk nilai yang di dapat apel impor, keempat atribut yang dipertimbangkan konsumen bernilai positif dan hanya satu atribut yang bernilai negatif, yaitu kandungan vitamin. Sedangkan untuk jeruk lokal semua atribut dinyatakan positif, mulai dari atribut jenis/varietas, harga, rasa, kesegaran, aroma, kandungan air dan kandungan vitamin. Persepsi yang positif ini juga didukung dengan data pola konsumsi responden yang dilihat dari konsumsi responden sehari-harinya yaitu, jumlah responden yang mengkonsumsi apel impor lebih banyak, dimana terdapat 30 orang yang mengkonsumsi apel impor, dan 25 orang yang mengkonsumsi apel lokal. Sedangkan untuk jeruk, terdapat 38 responden yang mengkonsumsi jeruk lokal, dan 17 orang yang mengkonsumsi jeruk impor dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.
Kata kunci: persepsi, konsumen, buah. ekspor. impor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: persepsi, konsumen, buah. ekspor. impor
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:05
Last Modified: 13 Dec 2023 07:05
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/5352

Actions (login required)

View Item View Item