Strategi Mengelola Loyalitas Pelanggan

Utari, Woro and Indrawati, Mei and Rusdiyanto, Rusdiyanto (2023) Strategi Mengelola Loyalitas Pelanggan. Kresna Bina Insan Prima, Gresik. ISBN 978-623-7802-44-0

[img] Text (Strategi Mengelola Loyalitas Pelanggan)
BUKU LOYALITAS gabungan-Woro-mei-JUNI2023 - MEI INDRAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
Strategi Mengelola Loyalitas Pelanggan.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang mendasar pada sektor Usaha Kecil dan Mikro seperti Kafe adalah persaingan yang sangat ketat, sehingga sulit bagi usaha tersebut untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Semakin banyak usaha Kafe yang bermunculan maka akan semakin ketat persaingan tersebut, karena konsumen akan sangat mudah berpindah (switching) dari satu Kafe ke Kafe yang lain Sebagai salah satu usaha yang menjanjikan, Kafe banyak diminati oleh masyarakat. Khususnya yang membidik usaha kalangan muda. Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemilik usaha Kafe dalam mempertahankan pelanggannya dengan berbagai cara. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan kepuasan maksimal kepada para pelanggan. Ada banyak factor yang membentuk kepuasan pelanggan diantaranya adalah kualitas layanan yang baik, image pelanggan serta pengalaman pelanggan. Seringkali layanan yang diberikan kepada pelanggan masih dirasa kurang maksimal. Dari permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya saing usaha kafe serta menemukan strategi untuk mengelola loyalitas pelanggan. Subyek penelitian ini adalah Kafe yang ada di Surabaya Barat sebanyak 10 kafe. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara (depth interview) kepada para informan. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pengunjung Kafe yang berusia diatas 17 tahun dan pemilik Kafe. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik diskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan Kafe di Surabaya pada umumnya sudah loyal, loyalitas pelanggan dicerminkan dari merekomendasikan kepada orang lain dan melakukan word of mouth. Upaya yang harus dilakukan oleh pemilik Kafe adalah bagaimana mempertahankan loyalitas pelanggan. Strategi yang bisa dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan melalui beberapa dimensi yaitu memberikan kepuasan kepada pelanggan, membangun kepercayaan (trust) pelanggan, membangun ikatan emosional (Emotional Bonding) dan memberi pengalaman yang baik kepada pelanggan. Kata Kunci: loyalitas pelanggan Kafe

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: loyalitas pelanggan Kafe
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Buku
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:59
Last Modified: 15 Aug 2023 07:59
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4981

Actions (login required)

View Item View Item