Pengaruh Harga, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Online Studi Pada Konsumen Online Shop Wilayah Surabaya

Indra, Rosyida (2016) Pengaruh Harga, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Online Studi Pada Konsumen Online Shop Wilayah Surabaya. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Harga, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Online Studi Pada Konsumen Online Shop Wilayah Surabaya)
skripsi indra rosyida_12132297 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan gaya hidup yang saat ini dijalani oleh masyarakat luas, dimana peranan internet telah banyak menjamur dikalangan masayarakat sehingga diikuti dengan menjamurnya online shop atau toko yang menjualkan barang atau jasanya secara online melalui media internet. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor – faktor yang keloyalan konsumen dalam melakukan belanja secara online khususnya konsumen online shop wilayah Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing – masing variabel, Harga (X1), kepercayaan (X2) dan kepuasan konsumen (X3) terhadap loyalitas konsumen (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang responden konsumen yang pernah melakukan belanja secara online minimal 3kali transaksi dengan menggunakan metode Accidental Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing – masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data – data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis melalui uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data – data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis Y = 1.868 + 0.010 X1 + 0.229 X2 + 0.311 X3 + 0.865 mendapatkan bahwa ketiga faktor harga, kepercayaan dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa 2 variabel yakni variabel kepercayaan dan kepuasan konsumen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen loyalitas konsumen. sedangkan variabel harga tidakberpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel harga, kepercayaan dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan secara bersama – sama dalam loyalitas konsumen. Angka Adjusted R square sebesar 0.453 menunjukkan bahwa 45.3% variasi loyalitas konsumen bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 54.7% dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Harga, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 03 Aug 2023 12:06
Last Modified: 03 Aug 2023 12:06
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item