Analisis Pengaruh Kemasan Dan Harga Produk Sari Buah Mangrove Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Sari Buah Mangrove Somano Di Rungkut Surabaya)

Religius, Charmani Wadu (2022) Analisis Pengaruh Kemasan Dan Harga Produk Sari Buah Mangrove Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Sari Buah Mangrove Somano Di Rungkut Surabaya). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Pengaruh Kemasan Dan Harga Produk Sari Buah Mangrove Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Sari Buah Mangrove Somano Di Rungkut Surabaya))
Skripsi RIKY siap R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)

Abstract

Penelitian yang brtujuan untuk menguji dan membuktikan adanya pengaruh secara parsial dan simultan antara faktor kemasan dan harga produk sari buah mangrove somano terhadap keputusan pembelian konsumen muslim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran kuisoner kepada 50 responden yang melakukan pembelian produk sari buah mangrove somano. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS versi 20. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor kemasan dan harga produk sari buah mangrove somano terhadap keputusan pembelian konsumen muslim dinyatakan dengan hasil persamaan analisis regresi linier berganda Y= 16,302 - 0,176X1 + 0,392X2. Variabel kemasan (X1) bernilai negatif dan berlawanan yakni -0,176, artinya jika kemasan semakin bagus dan menarik tidak mempengaruhi orang untuk melakukan keputusan pembelian. Sedangkan pada variabel harga (X2) bernilai positif dan searah yakni 0,392, artinya semakin mahal harga produk yang dijual maka akan mempengaruhi orang untuk melakukan keputusan pembelian. Kemasan dan harga sebuah produk akan dianggap penting jika sebuah produk tersebut telah memiliki tempat tersendiri di masyarakat. konsumen yang selektif terhadap produk baru terutama akan melihat dari segi kemasan produknya terlebih dahulu, namun konsumen akan tidak mempertimbangkan sebuah kemasan ketika konsumen telah ditawari produk dengan harga terjangkau yang memiliki manfaat dan kualitas baik. Sebab dengan adanya kemasan, konsumen akan memperoleh informasi yang dapat mempengaruhi untuk memutuskan membelian atau tidak. Diharapkan untuk konsumen sebelum memutuskan membeli sebuah produk agar memperhatikan dan mempertimbangkan informasi-informasi yang tertera pada kemasan.
Kata kunci: Kemasan, Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemasan, Harga, Keputusan Pembelian
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:29
Last Modified: 20 Jul 2023 08:29
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4930

Actions (login required)

View Item View Item