Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Pisang Di Pasar Tradisional Pasar Asem Simo Magersari Kota Surabaya

Rita, Susanti (2022) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Pisang Di Pasar Tradisional Pasar Asem Simo Magersari Kota Surabaya. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Pisang Di Pasar Tradisional Pasar Asem Simo Magersari Kota Surabaya)
Skripsi Siap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji atribut buah pisang yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen di pasar tradisional Kota Surabaya dan mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli buah pisang di pasar tradisional Kota Surabaya. Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan pelaksanaannya dengan teknik survey. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu Kota Surabaya dengan mengambil 1 pasar tradisional yakni Pasar Asem Simo Magersari. Penentuan sampel dilakukan dengan metode judgement sampling dengan jumlah responden 32 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis chi square dan analisis sikap multiatribut Fishbein. Hasil analisis chi square menunjukkan bahwa seluruh variabel buah pisang berbeda nyata pada taraf kepercayaan 95%. Artinya, preferensi konsumen terhadap buah pisang di pasar tradisional Kota Surabaya tidak sama atau terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap buah pisang. Buah pisang yang menjadi preferensi konsumen di pasar tradisional Kota Surabayaa adalah buah pisang yang mempunyai atribut; rasa manis, ukuran sedang, tekstur daging halus, dan warna kulit kuning muda. Berdasarkan analisis Fishbein diketahui bahwa atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian buah salak adalah atribut rasa. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu: produsen sebaiknya lebih mempertahankan dan meningkatkan kualitas rasa dari buah pisang yang dihasilkan karena atribut rasa buah merupakan atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih buah pisang, dan hendaknya mampu menyediakan lebih banyak buah pisang dengan ukuran sedang dan bertekstur daging halus, mengingat kenyataan di lapangan, kedua atribut tersebut belum sesuai dengan preferensi konsumen, serta pemasar buah pisang sebaiknya lebih meningkatkan penyediaan buah pisang yang sesuai dengan preferensi konsumen.
Kata Kunci : Buah Pisang, Preferensi konsumen, Analisis chi square, Analisis multiatribut fishbein.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Buah Pisang, Preferensi konsumen, Analisis chi square, Analisis multiatribut fishbein
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:33
Last Modified: 26 Jun 2023 06:33
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item