Art Therapy dalam Upaya Menurunkan Kecenderungan Agresi pada Remaja Awal

Zuroida, Aironi and Grahani, Firsty Oktaria (2022) Art Therapy dalam Upaya Menurunkan Kecenderungan Agresi pada Remaja Awal. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1). pp. 1212-1218. ISSN 2656-8071

[img]
Preview
Text (Art Therapy dalam Upaya Menurunkan Kecenderungan Agresi pada Remaja Awal)
2118-7644-1-PB (8) - aironi zuroida.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
Art Therapy dalam Upaya Menurunkan Kecenderungan Agresi pada Remaja Awal (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tindak kekerasan telah menjadi masalah sosial yang tidak mudah untuk diselesaikan oleh masyarakat maupun oleh praktisi dari berbagai bidang ilmu. Peningkatan emosional yang terjadi secara cepat pada masa remaja awal yang dikenal sebagai masa storm & stress, peningkatan emosional ini merupakan hasil dari perubahan fisik terutama hormon yang terjadi pada masa remaja. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji efektifitas penerapan art Therapy sebagai upaya menurunkan kecenderungan agresi pada remaja awal. Sejumlah anak remaja di SMP X yang memiliki catatan perilaku agresi dari guru BK dilibatkan dalam penelitian ini. Penelitian ini mengunakan rancangan eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian nununjukkan ada perbedaan nilai agresi pada subjek penelitian sebelum dan sesudah diberikan art therapy. Hal ini menunjukkan bahwa art therapy mampu menurnkan kecenderungan agresi pada remaja awal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: art therapy, kecenderungan agresi, remaja awal.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 21 Feb 2023 04:43
Last Modified: 30 Mar 2023 08:15
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4735

Actions (login required)

View Item View Item