Kusnadi, Starry Kireida and Mardiyanti, Ressy and Kusnadi, Sekaring Ayumeida and Maisaroh, Lisa Latul Dwi and Elisnawati, Eli (2022) Dukungan Sosial dengan Stres Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. JOTE : Journal On Teacher Education, 4 (2). pp. 1474-1483. ISSN 2686-1895
|
Text (Dukungan Sosial dengan Stres Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus)
DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES PENGASUHAN PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS - Starry Kireida Kusnadi.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text (Hasil Plagiarisme)
Dukungan Sosial dengan Stres Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Seperti diketahui bersama anak berkebutuhan khusus adalah anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangan mengalami kelainan atau penyimpangan fisik, mental, intelektual, sosial atau emosional dibandingkan anak-anak lain seusianya, sehingga mereka memerlukan pelayanan khusus. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner Parental Stress Scale (PSS) milik Berry & Jones. Teknik analisis menggunakan teknik uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 yang artinya bila dukungan sosial yang diterima ibu tinggi, maka stres pengasuhan akan rendah. Sebaliknya bila dukungan sosial yang diterima ibu rendah, maka stres pengasuhannya akan tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial, Stres Pengasuhan, Anak Berkebutuhan Khusus |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Jurnal |
Depositing User: | Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I. |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 05:37 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 05:37 |
URI: | http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4724 |
Actions (login required)
View Item |