Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Racikulon Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

Sulisiani, Sulisiani (2013) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Racikulon Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Racikulon Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik)
0410000001456.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berlakunya Undang-Undang 32 Tahun 2004 sebagai pengganti Undangundang Nomor 22 tahun 1999 ini, merupakan kesempatan bagi daerah kabupaten/kota untuk mengatur sendiri pembentukan, kedudukan, kewenangan serta tugas pokok dan fungsi Desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah dan kemampuan daerah sehingga dapat berbeda antara daerah kabupaten/kota yang satu dengan yang lainnya. Daerah lebih leluasa dalam menentukan dan memberikan kewenangan kepada Desa dalam rangka memenuhi tuntutan, keinginan dan kebutuhan masyarakat, terlebih lagi penyelenggaraan pemerintahan di Desa banyak berkaitan langsung dengan pemberian pelayanan publik. Kualitas pelayanan di Desa diharapkan akan menjadi lebih baik dibandingkan pada saat pengaturan yang sentralistik. Sehingga diharapkan mampu selalu dapat beradaptasi dengan kemajuan yang begitu cepat dan tidak dapat diprediksi dalam memberikan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Pelayanan yang positif dan berkualitas, secara empirik pada satu sisi akan menciptakan kepuasan, kebahagian dan kesejahteraan masyarakat, yang pada gilirannya akan dapat mewujudkan tujuan pembangunan masyarakat. Demikian halnya Desa Racikulon Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik, sebagai organisasi terdepan dalam menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan umum yang menjadi urusan rumah tangga daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik serta mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di Desa Racikulon Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey deskriptif, maka jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan induktif. Dari ke 15 (limabelas) indikator pengukuran kualitas pelayanan di Kantor Desa Racikulon Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik yang termasuk dalam kategori baik adalah untuk indikator Keamanan Pelayanan, Keterbukaan dalam arti prosedur/tata cara Pelayanan, Efisien Pelayanan dan Keadillan yang merata dalam Pelayanan, sedangkan untuk indikator yang lainnya masih termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasar hasil rekapitulasi rata-rata mean untuk seluruh indikator sebagai alat ukur kualitas pelayanan diperoleh nilai rata-rata mean yaitu sebesar 3,35 Indikasi nilai rata-rata mean tersebut berada di interval antara 2,6 < x < 3,4 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan demikian bahwa kualitas pelayanan di Kantor Desa Racikulon Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik dapat dikatakan cukup baik. Berdasar hasil penelitian, bahwa faktor yang menjadi kendala dalam memberikan pelayanan yang berkualitas adalah tingkat kesadaran masyarakat sedangkan sebagai faktor pendukungnya adalah adanya jalinan komunikasi dan kerja sama yang baik antara pihak aparatur kecamatan dengan perangkat desa serta tokoh masyarakat.
Kata Kunci : Perangkat Desa, Kualitas Pelayanan, dan Otonomi Desa

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Desa, Kualitas Pelayanan, dan Otonomi Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 01 Feb 2023 10:24
Last Modified: 01 Feb 2023 10:24
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item View Item