Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru (Studi Kasus Pada Sdn Balongsari I - Surabaya)

Gaspar, Hane (2014) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru (Studi Kasus Pada Sdn Balongsari I - Surabaya). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru (Studi Kasus Pada Sdn Balongsari I - Surabaya))
0410000001463.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)

Abstract

Meneliti guru sebagai salah seorang pelaksana pendidikan di sekolah diperlukan. Tidak jarang ditemukan guru yang kurang memilikigairah dalam melakukan tugasnya, yang berakibat kurang berhasilnya tujuan yangingin dicapai. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalahkurangnya motivasi guru dalam bekerja. Motivasi dapat dipandang sebagai energidalam diri seseorang yang ditandai oleh munculnya feeling dan didahului dengantanggapan terhadap adanya tujuan. dan sebagai Kepala Sekolah yang salah satufungsinya sebagai motivator haruslah mampu meningkatkan motivasi kerjabawahannya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin. Cara itu mencerminkan gaya atau tipe kepemimpinan yang dijalankan.Penelitian ini dilakukan di SDN Balongsari IYang bertujuan untukmengetahui pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadapmotivasi kerja guru di SDN Balongsari I.Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan kepalasekolah sebagai variabel bebas (X) yang mencakup gaya Otoriter, Laissez-fairedan Demokratis seperti yang dikembangkan oleh Ralph White dan Ronald Lippittsedangkan motivasi kerja guru sebagai variable terikat (Y). Populasi dan sampeldalam penelitian ini adalah semua guru SDN Balongsari I yaitu berjumlah 27 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana semua populasi yangada dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepalasekolah terhadap motivasi kerja guru di SDN Balongsari I.Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini metode mengumpulandata yang digunakan adalah tehnik angket, interview, observasi dan dokumen. Ujivaliditas menggunakan tehnik korelasi product moment dari Pearson. Sedangkanuji relibialitas mengunakan tehnik Alpha dengan bantuan SPSS V 10. Selanjutnyauntuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungan denganmenggunakan tehnik regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik regresi linierberganda bahwa sumbangan efektif penelitian sebesar (0.728 x 100% = 72,8 %)yang artinya 72,8 % motivasi kerja guru dipengaruhi oleh gaya kepemimpinankepala sekolah sedangkan sisanya yaitu 27,2% dipengaruhi oleh factor lain diluarpembahasan dari penelitian ini. Dan berdasarkan data yang terkumpul dan analisisdidapatkan hasil yang signifikan (44.662 dengan signifikansi sebesar 0.000 <0.05) artinya semakin tinggi gaya kepemimpinan maka motivasi kerja semakinbaik.
Kata kunci : Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Guru

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:54
Last Modified: 01 Feb 2023 07:54
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item