Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Sekolah Di Sdn Sendang Laok Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan

Holilur, Rohman (2014) Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Sekolah Di Sdn Sendang Laok Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Sekolah Di Sdn Sendang Laok Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan)
0410000001471.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan hal yang sangat menunjang atas tercapainya suatu tujuan dari pendidikan, sebagai seorang personal pendidikan kita dituntut untuk menguasi dan memahami standar pengelolaan sarana dan prasarana, untuk meningkatkan daya kerja yang efektif dan efisien serta mampu menghargai etika kerja sesama personal pendidikan, sehingga akan tercipta keserasian, kenyamanan yang dapat menimbulkan kebanggaan dan rasa memiliki baik dari warga sekolah maupun warga masyarakat sekitarnya. Standar pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan agar proses pendidikan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor yang harus dipenuhi sebagai syarat bagi SD yang berkualitas serta berpredikat berprestasi baik prestasi bidang akademik maupun non akdemik. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008 yang mengatur tentang standar sarana dan prasaran sekolah menengah. Proses penelitian kualitatif supaya dapat mengahasilkan temuan yang benar-benar bermanfaat memerlukan perhatian yang serius terhadap berbagai hal yang dipandang perlu. Dalam memperbincangkan proses penelitian kualitatif paling tidak tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu kedudukan teori, metodologi penelitian dan desain penelitian kualitatif. Pelaksanaan pengadaan barang di SD Negeri Sendang Laok dilakukan oleh tim-tim yang bertugas didalamnya antara lain, tim bagian pembelian bertugas mendaftar dan memeriksa barang-barang yang dibutuhkan sekolah, tim penerimaan bertugas dalam proses inventarisasi barang yang telah dibeli oleh bagian pembelian serta mendistribusikan barang ke bagian penyimpanan, dan yang terakhir yaitu tim penyimpanan yang bertugas mendistrubusikan barang ke tempat masing-masing sesuai dengan bidangnya. Penggunaan sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar sangat bervariatif, semua sarana dan prasarana dapat dijadikan sebagai alat atau media kegiatan belajar mengajar tergantung dari strategi atau metode yang digunakan guru dalam mengajar, selain itu faktor materi pelajaran juga menentukan berkaitan dengan penggunaan sarana dan prasarana. Dalam proses pemeliharaan barang di SD Negeri Sendang Laok Kecamatan Labang diserahkan kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab pada masing-masing sarana. Proses ini menyangkut pendistribusian, penggunaan dan peminjaman sarana dan prasarana oleh warga sekolah yang membutuhkannya, pentataletakan sarana dan prasarana sesuai dengan tempatnya, serta perawatan sarana dan prasarana agar dapat berhasil guna dengan baik.
Kata Kunci : Evaluasi Kebijakan, Sarana dan Prasarana Sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan, Sarana dan Prasarana Sekolah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:15
Last Modified: 31 Jan 2023 08:15
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4675

Actions (login required)

View Item View Item