Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Sdn Sobih 2 Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2012 - 2013

Badarut, Taman Hariri (2014) Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Sdn Sobih 2 Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2012 - 2013. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Sdn Sobih 2 Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2012 - 2013)
0410000001473.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan pemerintah dengan digulirkannya Program Wajib Belajar (Wajar) Pendidikan Dasar 9 tahun merupakan upaya lanjutan dalam memenuhi amanat UUD 1945, khususnya bab XIII menyatakan dengan tegas bahwa setiap warga negara berhak atas pendidikan (pasal 31 ayat 1). Namun kenyataan di lapangan menunjukkan adanya banyak hambatan dalam implementasinya. Salah satu penghambat yang ditemukan adalah sebagian masyarakat tidak mampu membiayai pendidikan anak-anaknya, dan dengan dicanangkannya kebijakan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sekolah-sekolah dan masyarakat cukup terbantu. Program BOS merupakan program nasional di bidang pendidikan yang menyerap anggaran besar dan langsung berhubungan dengan hajat hidup masyarakat luas. Program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka Wajib Belajar Sembilan Tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan berupa studi diskripsi yang dilakukan pada pengelolaan BOS di SDN Sobih 2 Kabupaten Bangkalan. Pengelolaan BOS di sekolah SDN Sobih 2 Bangkalan berjalan lancar namun banyak ketentuan-ketentuan administratif yang tidak dilaksanakan. Motivasi sekolah untuk membaca dan mempedomani panduan pelaksanaan secara mandiri masih kurang maksimal. Sekolah sangat bergantung pada model sosialisasi secara langsung misalnya dalam bentuk workshop. Beberapa ketentuan dalam panduan dapat dikatakan kurang sesuai dengan kondisi lapangan sehingga tingkat keterlaksanaannya relatif rendah, misalnya ketentuan adanya unsur orang tua siswa dalam tim BOS sekolah, serta penggunaan format-format dalam administrasi pengelolaan dana BOS. Ketentuan administratif yang harus dikerjakan sekolah tidak sebanding dengan jumlah pengelola di sekolah yang hanya dipersyaratkan terdiri dari 3 unsur (penanggung jawab, bendahara, satu orang tua siswa). Pada dasarnya sekolah memerlukan sumber dana yang dapat dikelola secara otonomi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Rambu-rambu penggunaan dana BOS dirasa cukup menyulitkan karena sekolah tidak punya sumber dana lain yang lebih fleksibel penggunaannya. Ketentuan sekolah gratis menyulitkan sekolah untuk menggalang dana partisipasi masyarakat meskipun dalam panduan diperbolehkan adanya partisipasi masyarakat berbentuk sumbangan sukarela. Tidak tersedianya dana pendamping dari pemda kabupaten cukup menyulitkan manajemen BOS di tingkat kabupaten khususnya dalam hal sosialisasi dan monitoring. Tim manajemen BOS kabupaten telah melakukan langkah terobosan yang cukup efektif dalam menanggulangi masalah keterbatasan tenaga pengelola, yaitu dengan memanfaatkan struktur yang sudah tersedia di lapangan misalnya UPTD dan Komisariat untuk membantu koordinasi pelaporan dari sekolah ke kabupaten dan sebaliknya. Pengelolaan dana secara akuntabel dalam bentuk laporan formal kepada kabupaten dapat terpenuhi dengan baik. Namun akuntabilitas penggunaan dana kepada masyarakat dengan menggunakan media di lingkungan sekolah kurang dapat dipenuhi dengan baik.
Kata Kunci : Efektivitas, Dana BOS dan Kualitas Pendidikan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Dana BOS dan Kualitas Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:34
Last Modified: 31 Jan 2023 07:34
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4673

Actions (login required)

View Item View Item