Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Keting Kecamatan Jombang Kabupaten Jember

Ahmad, Sukarjo (2012) Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Keting Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Keting Kecamatan Jombang Kabupaten Jember)
0410000001538.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)

Abstract

Kualitas Pelayanan Publik merupakan harga mati untuk memberikan kepuasan terhadap warga, memberikan informasi yang cukup ramah agar warga tidak merasa canggung terhadap pelayanan yang ada di Desa. Hal yang paling sering dihadapi para pelayan informasi atau para Front Liner adalah keluhan. Keluhan yang disampaikan biasanya adalah keluhan mengenai organisasi bukan tentang diri kita tetapi kita tidak boleh menghindar dari masalah ini. Win-win solutions harus mampu tercapai dalam menangani keluhan, kita tidak mungkin menjatuhkan organisasi dimata mereka tetapi tidak mungkin juga kita menutupi apa yang terjadi dihadapan kita. Kedudukan kontor desa sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan Pemerintahan Republik Indonesia yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Baik buruknya pelayanan masyarakat yang dilaksanakan di Desa merupakan cerminan dari Pemerintah. Oleh karena itu Pemerintah Desa harus benar-benar menampilkan sosok yang baik sebagai instansi Pemerintah yang mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat, dengan kualitas pelayanan yang baik, sehingga mampu menampilkan citra positif dari Pemerintah secara keseluruhan. Adapun upaya tingkat kantor Desa dalam rangka memenuhi dan meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan adalah dengan memperbaiki sarana-sarana pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. Perbaikan layanan kantor desa mencakup sarana fisik yang langsung berhubungan dengan fasilitas pendukung layanan sebagai tempat atau lokasi waktu melayani kebutuhan masyarakat, maupun dengan mengadakan pelatihanpelatihan bagi perangkat desa dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kualitas pelayanan publik di Desa Keting Kecamatan Jombang kabupaten Jember? Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini oleh penulis adalah Untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik di Desa Keting Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah : metode interview, observasi, dan dokumenter. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan analisis data kualitatif. Metode analisa non statistik dengan menerapkan tiga langkah yang ditempuh adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan publik di Desa Keting Kecamatan Jombang Kabupaten Jember masih relatif rendah. Hal ini disebabkan adalah kebijakan yang dapat dikatakan masih baru terkait adanya otonomi daerah, sehingga pola penyelenggaraan pelayanan yang disesuaikan dengan masing-masing job diskriptions (uraian tugas), kualitas dan kuantitas sumber daya aparatur pemerintah yang masih harus ditingkatkan. Masyarakat terkesan juga masih memiliki kesadaran yang rendah dalam memenuhi dan mengikuti prosedur yang ada dalam proses pelayanan publik
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:05
Last Modified: 31 Jan 2023 07:05
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4671

Actions (login required)

View Item View Item