Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Telekomunikasi Tbk Tahun 2012-2015

Arofah, Agustinningrum (2017) Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Telekomunikasi Tbk Tahun 2012-2015. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Telekomunikasi Tbk Tahun 2012-2015)
0110000001420.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan leverage baik secara simultan maupun parsial terhadap nilai perusahaan telekomunikasi di BEI periode tahun 2012-2015. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling, populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Dari populasi sebanyak 6 (enam) perusahaan telekomunikasi diperoleh 4 (empat) perusahaan telekomunikasi sebagai sampel penelitian dengan periode pengamatan selama 4 (empat) tahun (2012-2015). Data diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia atau www.idx.co.id dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang digunakan dalam penelitian ini, hasilnya yaitu Y = -0,851 + 0,199 X1 -0,459 X2. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa secara simultan, seluruh variabel bebas (ukuran perusahaan, leverage) belum ada pengaruh terhadap nilai perusahaan karena hasil dari Software SPSS 23.0 menunjukan adanya perbedaan yang nyata.. Sedangkan uji secara parsial menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil dari variabel leverage berbeda, yakni leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena hasilnya negatif. Pada perkembangan rata-rata nilai perusahaan telekomunikasi tahun 2012-2015 terjadi penurunan. Sementara dalam pembahasan hasil analisis determinasi diperoleh angka (adjusted R Square) sebesar 0,016 atau (1,6%). Hal ini menunjukkan bahwa persentase tersebut sangat rendah maka ada sedikit pengaruh variabel independent (ukuran perusahaan dan leverage) terhadap variabel dependent (nilai perusahaan). variasi variabel independent yang di gunakan dalam model (ukuran perusahaan dan leverage) mampu menjelaskan 1,6% variabel dependent (nilai perusahaan) mempunyai pengaruh yang lemah.
Kata kunci : Nilai perusahaan, ukuran perusahaan, leverage.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan, ukuran perusahaan, leverage
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 25 Jan 2023 12:28
Last Modified: 25 Jan 2023 12:28
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4612

Actions (login required)

View Item View Item