Pengaruh Relationship Marketing, Delivery On Time Terhadap Customer Loyalty (Study Kasus Pada Perusahaan Pt Semen Indonesia (Persero) Tbk.) Di Cabang Pemasaran Kecamatan Kota Gresik

Siti, Rochama (2016) Pengaruh Relationship Marketing, Delivery On Time Terhadap Customer Loyalty (Study Kasus Pada Perusahaan Pt Semen Indonesia (Persero) Tbk.) Di Cabang Pemasaran Kecamatan Kota Gresik. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Relationship Marketing, Delivery On Time Terhadap Customer Loyalty (Study Kasus Pada Perusahaan Pt Semen Indonesia (Persero) Tbk.) Di Cabang Pemasaran Kecamatan Kota Gresik)
0110000001343.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut: untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Relationship Marketing, Delivery On Time secara simultan terhadap Customer Loyalty pada perusahaan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. di cabang pemasaran kecamatan kota Gresik, untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Relationship Marketing, Delivery On Time secara parsial terhadap Customer Loyalty pada perusahaan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. di cabang pemasaran kecamatan kota Gresik. Dengan variabel relationship marketing dan delivery on time secara simultan (bersama–sama) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pengguna produk PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. variabel relationship marketing dari uji secara parsial menunjukkan bahwa ada variabel bebas yaitu relationship marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna produk PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi t hitung sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahw korelasi antara loyalitas pelangan dengan seluruh variabel bebas (relationship marketing, delivery on time) adalah kuat, karena R = 0,784 > 0,5, sedangkan R-Square sebesar 0,614 berarti 61,4%, variasi atau perubahan dari loyalitas pelanggan dipengaruhi secara bersama–sama oleh relationship marketing dan delivery on time, sedangkan sisanya 38,6% (100% - 61,4% = 38,6%), variasi atau perubahan dari loyalitas pelanggan disebabkan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Kesimpulan: Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel relationship marketing memiliki pengaruh dominan, hal ini disebabkan perusahaan berhasil memberikan pengaruh kedalam benak konsumen yang diketahui dari hasil olah data dalam responden. Maka perusahaan diharapkan mampu menciptakan strategi lain yang berhubungan dengan relationship marketing agar bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi dan pelanggan tersebut mampu untuk mempengaruhi pengguna lainnya.
Kata kunci : customer loyalty, relationship marketing, delivery on time

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: customer loyalty, relationship marketing, delivery on time
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 19 Jan 2023 08:41
Last Modified: 19 Jan 2023 08:41
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item