Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Barang Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan Pada Cv. Sahabat Baru Surabaya

Hilarius, Papun (2012) Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Barang Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan Pada Cv. Sahabat Baru Surabaya. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Barang Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan Pada Cv. Sahabat Baru Surabaya)
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)

Abstract

Perusahaan yang mana fungsi dan aplikasi yang terlibat di dalamnya antara lain adalah fungsi penerimaan barang, pergudangan, penjualan, penagihan, utang, penerimaan dan pengeluaran uang kas. Perusahaan dalam melakukan pemesanan dan pembelian barang harus dengan perencanaan yang cermat dan matang sehingga akan memperoleh atau mendapatkan barang dengan harga yang sesuai dan kualitas yang baik. Dalam hal tersebut dibutuhkan sistem akuntansi pembelian yang baik dan memiliki pengendalian intern yang baik pula. Untuk memenuhi dan memberikan pelayanan prima atau terbaik kepada para pelanggan (customer), tentu diperlukan pertumbuhan atau peningkatan di segala aspek perusahaan, termasuk pada aspek informasi dan karyawan karena perkembangan perusahaan akan tercapai bila didukung oleh manajemen sistem informasi dan staff yang cakap dan potensial. Dan tentunya, untuk mendapatkan salah satu informasi penting yang akurat diperlukan sebuah Sistem Informasi Akuntansi. Salah satu sistem yang digunakan tersebut adalah Sistem Informasi Akuntansi Pembelian. Sistem Informasi Akuntansi Pembelian mencakup seluruh tahap pemrosesan Pembelian dan pelaporan kepegawaian. Dengan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian yang tepat, akuntabel, transparan dan sesuai dengan aturan yang ditetapkan, akan memposisikan karyawan sesuai dengan porsinya sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan dan efektivitas kinerja karyawan pun akan tercapai. Namun permasalahan yang sering timbul pada perusahaan adalah penilaian efektivitas kinerja karyawan tidak dikaitkan dengan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian secara optimal sehingga efektivitas kinerja karyawan menjadi tidak maksimal, karena nilai kerja karyawan, baik atau buruk tidak berimbas pada gaji. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Fungsi apa saja yang terkait dalam sistem pembelian barang pada perusahaan CV. Sahabat Baru Surabaya ? 2) Bagaimana pengaruh sistem Informasi Akuntansi Pembelian terhadap efektivitas kinerja karyawan pada perusahaan CV. Sahabat Baru Surabaya ? Lokasi kajian dalam penelitian ini adalah perusahaan CV. Sahabat Baru Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan 1) Dokumentasi, 2) Wawancara, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain adalah pemaparan mengenai elemen-elemen yang terkandung dalam Sistem Akuntansi Pembelian Barang yang meliputi fungsi-fungsi terkait, formulir dan dokumen yang digunakan, juga memaparkan tentang aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dengan semua unsur-unsur yang terkandung di dalamnya. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi Pembelian tidak diterapkan secara optimal sehingga tidak berpengaruh efektif terhadap kinerja karyawan baik buruk kinerja karyawan tidak berpengaruh pada pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:45
Last Modified: 26 Dec 2022 07:45
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4389

Actions (login required)

View Item View Item