Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk Pada Pt Super Indo Cabang Delta Plaza Surabaya

Irwan, Rusdiyanto (2013) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk Pada Pt Super Indo Cabang Delta Plaza Surabaya. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk Pada Pt Super Indo Cabang Delta Plaza Surabaya)
0110000001178.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran promosi berupa periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan personal dan penjualan langsung terhadap keputusan konsumen menggunakan produk pada PT. Super Indo Cabang Delta Plaza Surabaya, dan (2) untuk mengetahui dan menganalisis diantara bauran promosi tersebut, yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan produk pada PT. Super Indo Cabang Delta Plaza Surabaya. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan personil dan penjualan langsung berpengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan produk pada PT. Super Indo Cabang Delta Plaza Surabaya. Periklanan yang diterapkan sebagai bentuk pesan iklan yang diterapkan melalui publik presentation, pervasiveness, amplified expressiveness dan impersonality. Promosi penjualan yang diterapkan melalui customer promotion, trade promotion, sales-force promotion dan business promotion. Publisitas yang diterapkan melalui media cetak, elektrok, audio dan audio visual. Penjualan personil diterapkan berdasarkan presentase keputusan konsumen menggunakan produk, program insentif, sampel produk, sales promosi, demonstrasi dan door to door. Sedangkan penjualan langsung diterapkan melalui penerapan kualitas produk, transaksi yang mudah, sikap dan tanggapan positif kepada konsumen, keyakinan dan menciptakan tindakan pembelian. Diantara bauran promosi tersebut, promosi penjualan yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan produk pada PT. Super Indo Cabang Delta Plaza Surabaya berdasarkan hasil analisis statistik nilai mean dari variabel periklanan adalah paling tinggi, sehingga ditetapkan sebagai variabel paling dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan produk PT. Super Indo Cabang Delta Plaza Surabaya. Saran yang diberikan perlu menjadi perhatian dalam meningkatkan bauran promosi dengan menyisipkan sedikit anggaran untuk melakukan promosi produk agar lebih dikenal oleh masyarakat/konsumen dengan menunjukkan kualitas dari produk yang ditawarkan/dipasarkan.
Kata Kunci: Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas, Penjualan Personal, Penjualan Langsung, dan Keputusan Konsumen Menggunakan Produk/ Keputusan Pembelian Konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas, Penjualan Personal, Penjualan Langsung, dan Keputusan Konsumen Menggunakan Produk/ Keputusan Pembelian Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:40
Last Modified: 26 Dec 2022 02:40
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item