Hubungan Biaya Advertising Dengan Volume Penjualan Pupuk Pada Koperasi Pt. Petrokimia Gresik

Nurhasnah, Nurhasnah (2012) Hubungan Biaya Advertising Dengan Volume Penjualan Pupuk Pada Koperasi Pt. Petrokimia Gresik. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Hubungan Biaya Advertising Dengan Volume Penjualan Pupuk Pada Koperasi Pt. Petrokimia Gresik)
0110000001117.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)

Abstract

Kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan semakin berkembang, sejalan dengan berkembangnya sektor ekonomi, perusahaan dihadapkan pada situasi persaingan yang timbul diantara perusahaan yang menyebabkan perusahaan tidak hanya menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas dengan harga yang dapat bersaing, tetapi juga perlu melakukan kegiatan pemasaran yang tepat yang disesuaikan dengan harga bersaing. Kegiatan pemasaran bukan hanya ditunjukan untuk memasarkan barang dan jasa yang dihasilkan saja, tetapi barang dan jasa harus menarik minat, memberikan kepuasan dan kegunaan bagi konsumen salah satu cara yang dapat digunakan adalah melalui kegiatan periklanan (advertising) Lokasi penelitian dilakukan di Koperasi PT. Petrokimia Gresik yang beralamat di Gresik, merupakan Koperasi yang bergerak dalam bidang jasa Simpan Pinjam untuk kelompok Tani dan Ternak. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan periklanan yang dilakukan oleh Koperasi PT. Petrokimia Gresik dalam usaha meningkatkan hasil penjualan jasa simpan pinjamnya, mengetahui media periklanan yang digunakan dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan periklanan, serta mengetahui sejauh mana pengaruh kegiatan periklanan terhadap peningkatan hasil penjualan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, media periklanan yang digunakan oleh Koperasi PT. Petrokimia Gresik adalah media surat kabar, papan reklame dan speciality advertising. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi oleh Koperasi PT. Petrokimia Gresik dalam pembagian dana, kesalahan pada media iklan dan kurangnya tenaga ahli yang kreatif, untuk menganalisis datadata yang penulis peroleh dari pihak perusahaan, maka selanjutnya penulis melakukan perhitungan statistik yaitu analisis koefisien korelasi pearson yang merupakan analisis yang digunakan untuk mengetahui kuat atau lemahnya serta arah hubungan antara variabel independen (biaya periklanan) dnegan variabel dependen (hasil penjualan) diperoleh hasil r = 0,855, hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara biaya periklanan dengan hasil penjualan. Selanjutnya untuk analisis determinasi menghasilkan Kd = 73,1% yang berarti bahwa periklanan memberikan konstribusi dan pengaruh yang cukup besar bagi peningkatan hasil penjualan. Sedangkan berdasarkan uji statistik t dalam pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 2,844 dan t tabel = 2,353. Hal ini menunjukkkan bahwa antara variabel independen (biaya periklanan) dan variabel dependen (hasil penjualan) mempunyai hubungan yang berarti, kuat dan searah. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan penulis yaitu “Jika kegiatan advertising (periklanan) ditingkatkan dengan konsekuensi biaya periklanan meningkat maka hasil penjualan akan meningkat,” dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa periklanan berpengaruh dalam peningkatan hasil penjualan.
Kata Kunci : Advertising, Penjualan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Advertising, Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 21 Dec 2022 08:59
Last Modified: 21 Dec 2022 08:59
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4324

Actions (login required)

View Item View Item