Strategi Pemasaran Ikan Lele Di Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

Apolonarius, Rehing (2018) Strategi Pemasaran Ikan Lele Di Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Strategi Pemasaran Ikan Lele Di Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik)
Skripsi Aris Siap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)

Abstract

Pemasaran menjadi permasalahan utama yang dialami oleh pembudidaya Lele di Kecamatan Menganti. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya harga jual Lele yang diperoleh pembudidaya. Perbedaan harga jual pembudidaya dengan harga yang dibayarkan konsumen akhir dapat menggambarkan seberapa efisien saluran pemasaran yang ditempuh oleh pembudidaya. Semakin besar selisih antara harga jual pembudidaya dengan harga yang dibayarkan konsumen akhir menjadi indikasi akan semakin tidak efisiennya saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran Lele di Kecamatan Menganti. Saluran 1 terdiri dari pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengumpul luar kecamatan, pedagang pengecer luar kecamatan dan rumah makan. Saluran 2 terdiri dari pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengecer. Saluran 3 pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengumpul luar kecamatan, pedagang pengecer luar kecamatan. Saluran 4 terdiri dari pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengumpul lua kecamatan, pemancingan. Farmer’s share dan rasio keuntungan dan biaya (total) pada saluran 1 sebesar 34,36% dan 44,06%, pada saluran 2 sebesar 89,66% dan 120,40%, saluran 3 sebesar 72,22% dan 59,91%, saluran 4 sebesar 65% dan 107,89%. Dari keempat saluran pemasaran Lele di Kecamatan Menganti, berdasarkan farmer’s share dan rasio keuntungan dan biaya (total) saluran yang paling efisien adalah saluran 2 yang melibatkan pembudidaya, pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Pada saluran 2, farmer’s share yang diterima lebih besar dibandingkan saluran yang lainnya karena melibatkan sedikit pedagang perantara sehingga memungkinkan Lele lebih cepat sampai ke tangan konsumen dan margin yang terbentuk diantara pedagang perantara tidak terlalu besar.
Kata Kunci : Ikan Lele, Efisiensi Pemasaran

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ikan Lele, Efisiensi Pemasaran
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:30
Last Modified: 14 Dec 2022 07:30
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4226

Actions (login required)

View Item View Item