Implementasi Kebijakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Di Sma Negeri 2 Pocoranaka Kabupaten Manggarai Timur

Yuliana, Nurti (2021) Implementasi Kebijakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Di Sma Negeri 2 Pocoranaka Kabupaten Manggarai Timur. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Implementasi Kebijakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Di Sma Negeri 2 Pocoranaka Kabupaten Manggarai Timur)
Skripsi Yuliana Nurti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan adalah sesuatu keputusan yang diambil oleh seseorang, Badan atau Lembaga yang pada hakikatnnya memegang kekuasaan untuk memecakan suatu masalah atau mencapai suatu tujuan tertentu. Suatu kebijakan tentunya harus berpihak pada semua elemen khususnya masyarakat Charles O. Jones menyebutkan dalam melaksanakan aktivitas implementasi program atau pelaksanaan kebijakan, terdapat tiga macam aktivitas yang perlu diperhatikan, yakni; organisasi, interprestasi, penerapan. Dan factor pengaruh dari implementasi kebijkan menurut Merille S. Grindlle mencakup 9 indicator yaitu Kepentingan kelompok sasaran, Jenis dan manfaat yang diterima oleh target group, derajat perubahan yang diinginkan, Letak pengambilan keputusa, pelaksanaan program, Didukung oleh sumber daya yang diperlukan, kekuasaan, kepentingan, dan strategi yang dimiliki oleh para actor, Karasteristik institusi dan rezim yang berkuasa, Tingkat kepatuhan dan daya tanggap dari kelompok sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran online pada masa pandemi Covid 19 di SMA Negeri 2 Pocoranaka dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan Subyek penelitian adalah guru, orangtua dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara melalui chat whatsapp dan via telepon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pembelajaran online di SMA Negeri 2 Pocoranaka belum berjalan dengan baik. Karena ukuran keberhasilan implementasi menurut Charles O. Jones belum terlaksana dengan baik bisa dibuktikan dari beberapa indicator yang belum berhasil yang pertama indicator organisasi terlihat pada belum memadainya sumber daya pendukung dari pembelajaran daring mulai dari kesiapan guru dan siswa, sarana dan prasarana serta metode yang digunakan dalam pembelajaran daring yang kurang. Indicator interprestasi terlihat pada siswa dan guru yang belum terlalu familiar dengan aplikasi pembelajaran yang digunakan, indicator yang berhasil adalah indikator penerapan terlihat pada pembelajaran dilakukan secara daring menggunakan aplikasi pembelajaran untuk menggurangi penyebaran virus corona. Dan factor pengaru implementasi kebijakan menurut Merille S. Grindlle masih ada 2 indikator yang belum berjalan dengan baik diantaranya pelaksanaan program belum berjalan dengan baik karena masih banyak kendala yang dihadapi mulai dari dukungan jarigan dan peranti serta kesiapan guru yang masih kurang dan dukungan sumber daya yang masih kurang . sedangkan 7 indikator lainnya sudah berhasil dijalankan.
Kata kunci : Implementasi Kebijakan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:42
Last Modified: 11 Nov 2022 07:42
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3960

Actions (login required)

View Item View Item