Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Di Mi Miftahul Ulum Surabaya

Shinta, Nuriyah (2022) Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Di Mi Miftahul Ulum Surabaya. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Di Mi Miftahul Ulum Surabaya)
SKRIPSI SHINTA NURIYAH 18081014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi guru dengan siswa merupakan salah satu hal penting yang harus dibina dalam proses belajar mengajar. Dari komunikasi guru dengan siswa yang baik inilah yang mampu membangun kenyamanan dalam proses belajar mengajar sehingga membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar di MI Miftahul Ulum Surabaya. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuisioner dengan populasi seluruh siswa di MI Miftahul Ulum Surabaya yang berjumlah 105 Subjek dan sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas V dan 30 siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data berupa kuisioner komunikasi guru dengan siswa yang terdiri dari 20 butir pertanyaan sedangkan kuisioner motivasi belajar terdiri dari 40 butir pertanyaan. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana untuk melihat pengaruh antara komunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for sosial science) Windows Seri 20. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh nilai t hitung = 3,681 dengan nilai signifikansi 0,001 <0,005 maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar di MI Miftahul Ulum Surabaya. Dilihat dari nilai R square dalam penelitian ini menunjukkan 22% komunikasi guru dengan siswa mempengaruhi motivasi belajar dan sebesar 78% lain dipengaruhi oleh faktor lain. Seperti faktor internal (faktor yang berasal dari dalam diri individu) yang terdiri atas: pemberian hadiah, kompetisi atau saingan, hukuman dan pujian dan faktor eksternal (faktor yang berasal dari dalam luar individu), terdiri atas beberapa hal: adanya kebutuhan, persepsi individu, harga diri dari prestasi.
Kata Kunci : komunikasi guru dengan siswa, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: komunikasi guru dengan siswa, motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 09 Nov 2022 12:06
Last Modified: 09 Nov 2022 12:06
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3920

Actions (login required)

View Item View Item