Strategi Dan Bauran Pemasaran Pada Brem Merek Rumah Joglo Desa Kaliabu Caruban – Madiun

Elisabeth, Maria Fatima Rati (2022) Strategi Dan Bauran Pemasaran Pada Brem Merek Rumah Joglo Desa Kaliabu Caruban – Madiun. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Strategi Dan Bauran Pemasaran Pada Brem Merek Rumah Joglo Desa Kaliabu Caruban – Madiun)
Skripsi ecak fix acc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh Brem Rumah Joglo dalam meningkatkan penjualan produk-produknya. Perilaku konsumen terhadap suatu produk dapat bervariasi bergantung pada apa orientasinya. Berkenaan dengan perilaku ini, pemasar dapat mengidentifikasi segmen konsumen berdasarkan manfaat produk yang diinginkan konsumen. Dengan mengetahui perilaku konsumen juga dapat mengembangkan strategi produk, strategi promosi, penentuan harga, dan sistem distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan selera konsumen terhadap brem rumah joglo, perilaku konsumen, dan factor bauran pemasaran yang memepngaruhi minat konsumen dalam membeli brem rumah joglo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak yang belum mengetahui brem rumah joglo. Hal ini disebabkan karena kurangnya distribusi dan promosi. Perilaku konsumen sebelum membeli, waktu pembelian umumnya adalah pada hari libur. Dan konsumen membeli secara langsung datang ke toko. Perilaku saat membeli, jumlah pembelian paling dominan adalah 1 – 10 pack setiap kali pembelian. Selain itu konsumen dominan mencicipi tester, membaca label, bertanya harga, dan tidak menawar harga saat membeli. Perilaku setelah membeli, kegunaan produk dominan untuk oleh-oleh. Selain itu konsumen merasa puas dan akan tetap melakukan pembelian ulang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana data diperoleh dengan melakukan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk memanfaatkan peluang dan memaksimalkan kekuatan, mengurangi kelemahan serta menghindari ancaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan Brem Rumah Joglo berupa bauran pemasaran yang didalamnya terdiri dari product, price, place, promotion, process, people, physical evidence (7P). Selain itu strategi pemasaran yang diterapkan Brem Rumah Joglo berupa Segmentation, Targetting, Positioning atau biasa disebut STP. Strategi bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, process, people, physical evidence) dan STP (Segmentation, Targetting, Positioning) tersebut berdampak dalam meningkatkan penjualan Brem Rumah Joglo. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara unsur-unsur bauran pemasaran (harga, produk, tempat dan promosi) dengan keputusan pembelian konsumen
Kata kunci : UMKM, strategi pemasaran, bauran pemasaran, perilaku konsumen, SWOT, brem rumah joglo

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: UMKM, strategi pemasaran, bauran pemasaran, perilaku konsumen, SWOT, brem rumah joglo
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:26
Last Modified: 07 Nov 2022 06:26
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3905

Actions (login required)

View Item View Item