The Analysis On Meanings Of Cigarette Advertisement: A Mild Go Ahead“Manimal” Version

Nia, Nuzulul Istiqomah (2017) The Analysis On Meanings Of Cigarette Advertisement: A Mild Go Ahead“Manimal” Version. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (The Analysis On Meanings Of Cigarette Advertisement: A Mild Go Ahead“Manimal” Version)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul The Analysis on Meanings of Cigarette Advertisement: A Mild GoAhead “Manimal” Version ini ingin meneliti simbolsimbol yang ada pada tayangan iklan rokok yang berusaha merepresentasikan realitas social dalam masyarakat yang terjadi akhir-akhir ini.Tayangan iklan tersebut dipilih sebagai obyek penelitian karena dibalik dari isi iklan tersebut terdapat hal yang menarik untuk dijadikan sebagai pesan sosial bagi masyarakat ataupun pihak yang merasa tersentil dengan tayangan iklan tersebut.Teks, gambar serta tanda-tanda yang dianalisis pada penelitian ini adalah sebagai komunikasi verbal dan nonverbal yang mempunyai makna simbolik. Penelitian dilakukan dengan metode analisis struktural atau lebih dikenal dengan istilah semiotika. Semiotika dianggap tepat untuk mengetahui atau mengurai sesuatu yang ada dibalik pemakaian simbol atau tanda dari iklan. Penelitian ini menggunakan teorisemotik Ferdinand de Saussure dan Roland Barthes Yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah kita dapat mengetahui makna dari penguraian simbol atau tanda yang ada dalam iklan a Mild Go Ahead "Manimal version”. Iklan a Mild Go Ahead "Manimal version” termasuk iklan rokok tematis yang disesuaikan dengan fenomenasosial yang terjadi ditengahtengah masyarakat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tema realitas social banyak dijadikan ide dalam pembuatan iklan rokok sekarang ini, meskipun isinya jauh melenceng dan tidak ada hubungannya dengan “mengiklankan” produk rokok itu sendiri dan hal itu lebih berhubungan dengan ketatnya regulasi penayangan iklan rokok yang menyebabkan creator iklan rokok lebih kreatif dalam mengkreasi sebuah iklan sehingga menampilkan sisi yang berbeda dari iklan-iklan non rokok yang pada umumnya bertujuan memasarkan produk. Dengan demikian iklan telah mengalami pergeseran fungsi sebagai media penyampai realita kehidupan sosial masa kini.
Kata Kunci : Semiotik, Tanda, Iklan Komersial

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Semiotik, Tanda, Iklan Komersial
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa & Sastra > Sastra Inggris
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 20 Oct 2022 12:46
Last Modified: 20 Oct 2022 12:46
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3863

Actions (login required)

View Item View Item