Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (Bopo) Dan Capital Adequaecy Ratio (Car) Terhadap Profitabilitas (Roa) Pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2010-2017

Didit, Pratama (2018) Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (Bopo) Dan Capital Adequaecy Ratio (Car) Terhadap Profitabilitas (Roa) Pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2010-2017. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (Bopo) Dan Capital Adequaecy Ratio (Car) Terhadap Profitabilitas (Roa) Pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2010-2017)
PDF SKRIPSI Didit Ganteng.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank merupakan salah satu sektor yang mendorong dan berperan penting dalam kegiatan perekonomian suatu negara, karena merupakan sumber pemasukan yang paling besar dalam perokonomian. Bank sendiri dalam melakukan kegiatan operasionalnya memiliki tujuan utama, yaitu dapat mencapai tingkat profitabilitas yang maksimal. Profitabilitas adalah kemampuan bank dalam menghasilkan laba dengan efektif serta efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh operasional dan kecukupan modal terhadap profitabilitas Bank Muamalat Indonesia pada tahun 2010-2017. Pengaruh operasional diukur menggunakan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), kecukupan modal diukur menggunakan Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Profitabilitas Bank diukur menggunakan Return On Asset (ROA). Metode analisis yang digunakan adalah Kuantitatif dengan analisis Linier Berganda dan menggunakan alat bantu SPSS versi 23 dengan tingkat signifikan 5% dan kesimpulan pengujian diambil berdasarkan uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Muamalat Indonesia pada tahun 2010-2017. Berdasarkan hasil pengujian uji-F, secara simultan yang diperoleh nilai F sebesar 136,113 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil 5% atau 0,05, maka hipotesis diterima, signifikan dan berpengaruh positif terhadap Profitabilitas (ROA). Kemampuan prediksi dari kedua variabel tersebut terhadap Profitabilitas (ROA) sebesar 89,7% sedangkan sisanya 10,3% dipengaruhi oleh variabel variabel lainnya yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini.
Kata Kunci : Biaya Operasiaonal Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), Profitabilitas (ROA).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Biaya Operasiaonal Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), Profitabilitas (ROA)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi pembangunan
Depositing User: Rifki Yusuf Meidiansyah, A.Md. Lib.
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:38
Last Modified: 30 Sep 2022 08:38
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3672

Actions (login required)

View Item View Item