Pemberdayaan Usaha Mikro Melalui Perbaikan Manajemen Usaha Pada Angkringan “Mbok Nom” Surabaya

Utari, Woro and Indrawati, Mei and Halimah, Nur (2021) Pemberdayaan Usaha Mikro Melalui Perbaikan Manajemen Usaha Pada Angkringan “Mbok Nom” Surabaya. PKM-CSR, 4. pp. 995-1004. ISSN 2655-3570

[img]
Preview
Text (Pemberdayaan Usaha Mikro Melalui Perbaikan Manajemen Usaha Pada Angkringan “Mbok Nom” Surabaya)
PKM CSR-2021 - MEI INDRAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA PADA ANGKRINGAN “MBOK NOM” SURABAYA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PPM ini dilakukan pada Angkringan Mbok Nom bertempat di Jl.Griya Babatan Mukti K / 20, RT 02, RW 07, Kel. Babatan , Kec. Wiyung – Surabaya. Jenis usahanya adalah berjualan nasi bakar, sate usus, telur puyuh, ceker, dadar jagung dan minuman sinom mbok Nom. Masalah yang dihadapi Mitra adalah sebagai berikut :1) cara menaikkan omset penjualan ? 2) Bagaimana cara memasarkan lebih luas lagi? 3) Bagaimana cara mengatur keuangannya ? 4) Bagaimana barang dagangannya lebih diminati banyak orang tidak hanya kalangan menengah tetapi kalangan atas? Sebagai solusi pemecahan masalahnya :1) Pelatihan cara berwirausaha dan managemen keuangan.2) Pelatihan cara membuat konten promosi di Medsos.3) Pendampingan oleh tim.4) Meningkatkan pemasaran dengan packaging yang menarik.4) Mengenalkan CHRIS sebagai alat pembayaran yang mudah ,bila tidak ada uang tunai. Metode pelaksanaannya dengan 1) Memberikan pelatihan tentang cara berwirausaha.2) Mengikutsertakan dalam pelatihan membuat konten-konten untuk pemasarannya melalui Medsos. 3) Memberikan pelatihan cara pakking produk yang menarik 4) Mengadakan pendampingan dan pemantauan pemasaran selama 3 bulan.5) Menambah alat bakar 6) Mengenalkan CHRIS sebagai alat pembayaran yang mudah, dengan mengundang sales CHRIS. Beberapa output yang sudah dihasilkan dari PPM ini adalah: Pertama: Tersedianya Website pemasaran mitra. Kedua: Mitra sudah bisa membuat neraca keuangan untuk mengukur untung, rugipenjualan. Ketiga: Mitra sudah ada peningkatan dalam packaging produk sehingga pemesanan nasi bakar dari kantor-kantor semakin ramai seperti Bank, PGN, hajatan, arisan dan produk penjualan sekarang bertambah jenisnya selain tersebut diatas sekarang ada produk baru yaitu sambel bawang Mbok Nom dan varian nasi bakar bertambah. Keempat :Pemesanan melalui GOJEK dan GRAB semakin ramai sehingga omset semakin meningkat. Kelima: Sudah ada penambahan 2 alat bakar, dari PPM 1 alat bakar dan yang 1 alat bakar swadaya. Keenam: Mendatangkan Bpk. Edy Purwadi sales CHRIS untuk bersosialisasi cara pembayaran yang mudah menggunakan CHRIS, aplikasi itu baru mulai jalan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Angkringan Mbok Nom, pemasaran dan produk
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 02 Sep 2022 08:55
Last Modified: 02 Sep 2022 08:55
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item View Item