Implementasi ‘Test of Evaluating’ & ‘Test of Creating’ Dalam Tes Tulis oleh Dosen Bahasa Inggris di Masa Pendemi Covid 19

Setyowati, Yulis and Kuswahono, Deny and Priyambudi, Surya Implementasi ‘Test of Evaluating’ & ‘Test of Creating’ Dalam Tes Tulis oleh Dosen Bahasa Inggris di Masa Pendemi Covid 19. In: Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan dan Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

[img]
Preview
Text (Implementasi ‘Test of Evaluating’ & ‘Test of Creating’ Dalam Tes Tulis oleh Dosen Bahasa Inggris di Masa Pendemi Covid 19)
Prosiding 2021 - Surya Priyambudi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
Implementasi ‘Test of Evaluating’ & ‘Test of Creating’ Dalam Tes Tulis oleh Dosen Bahasa Inggris di Masa Pendemi Covid 19.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review)
Peer review prosiding Implementasi ‘Test of Evaluating’& ‘Test of Creating’Dalam Tes Tulis oleh Dosen Bahasa Inggris di Masa Pendemi Covid 19.pdf

Download (959kB) | Preview

Abstract

Era 4.0 menuntut praktisi pendidikan untuk lebih berfokus pada mutu yang dihasilkan oleh proses pembelajaran salah satunya adalah standar kualitas penilaian/ assessment. Assessment of learning berfokus pada hasil produk pembelajaran untuk menilai standar kualitas pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Assessment of learning yang paling banyak diterapkan dalam dunia pendidikan tinggi adalah test khususnya test diakhir pembelajaran dalam hal ini meliputi UTS dan UAS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan dokumen analisis yang bertujuan menganalisis implementasi test of evaluating dan test of creating yang tertuang dalam soal UTS dan UAS. Sumber data penelitian ini adalah Soal UTS dan UAS yang sudah dibuat oleh 2 orang Dosen Bahasa Inggris selama masa pandemi covid 19 yang mengajar di Program studi sastra Inggris di Universitas di Jawa Timur. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi. Untuk analisis data dilakukan pemberian kode pada data (coding data). Setelah itu data diidentifikasikan berdasarkan kategorisasi level kompetensi berdasarkan Bloom taksonomy khususnya level kompetensi evaluating dan creating. Kemudian data akan dianalisis dan dinterprestasikan. Dalam proses analisis dan interprestasi data juga perlu dibandingkan dan ditriagulasikan sampai semua kategori dalam data bisa ditampilkan sesuai dengan kebutuhannya. Temuan yang pertama menunjukan bahwa ‘test of evaluating’ ditemukan satu butir saja yang meminta mahasiswa untuk membuat penilaian khususnya mengkritisi berdasarkan pada kriteria dan standar kualitatif. Sedangkan temuan kedua menunjukkan ‘test of creating’ yang terdapat pada soal UTS dan UAS berpola pada kemampuan menghasilkan sesuatu yang baru dengan mengimplikasikan proses di dalam ‘creating’ yaitu generating (merumuskan), planning ( merencanakan) dan producing (memproduksi). Dengan mengimplementasikan Bloom taksonomy, dosen tidak hanya terbantukan tetapi juga meluaskan dan mempertajam assessment sehingga tujuan pembelajaran tidak hanya mengajarkan transfer melainkan juga mencakup seluruh proses kognitif yang dbutuhkan untuk transfer belajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: test of evaluating, test of creating, assessment of learning, taxonomi Bloom,
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 31 Aug 2022 08:40
Last Modified: 19 Sep 2022 07:30
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3524

Actions (login required)

View Item View Item