Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya

Priyambudi, Surya and Setyowati, Yulis and Murdani, Muhammad Harist (2021) Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya. PKM-CSR, 4. pp. 673-682. ISSN 2655-3570

[img]
Preview
Text (Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya)
PKM CSR 2021 - Surya Priyambudi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review)
Peer review prosiding Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya (1).pdf

Download (958kB) | Preview

Abstract

Mitra pengabdian kepada masyarakat adalah SMA Wijaya Putra Surabaya. Permasalahan Mitra, yaitu: 1)Guru belum memaksimalkan penggunaan materi digital; 2)Guru mengalami kebingungan mengelolah perangkat pembelajaran daring; 3)Peserta didik mengalami kebingungan belajar karena berbagai aplikasi pembelajaran daring yang dipergunakan guru; 4)Pimpinan sekolah tidak dapat memonitoring kegiatan belajar karena aplikasi pembelajaran daring yang dipergunakan berbeda-beda. Metode menyelesaikan masalah, yaitu: 1)Pelatihan dan pendampingan Guru pembuatan materi digital pada aplikasi pembelajaran daring; 2)Pembuatan aplikasi LMS berupa Virtual Class untuk pembelajaran daring; 3)Pelatihan dan pendampingan Guru dan Peserta Didik dalam penggunaan aplikasi Virtual Class pembelajaran daring; 4)Pelatihan dan pendampingan Pimpinan Sekolah dalam memonitoring pembelajaran daring aplikasi Virtual Class. Pelaksanaan program, yaitu: 1)Koordinasi mitra dalam perancangan materi digital dan storyboard aplikasi Virtual Class; 2)Pelatihan dan pendampingan pembuatan materi digital menggunakan aplikasi Power Point, Kinemaster, dan Google; 3)Pembuatan LMS berupa aplikasi Virtual Class; 4)Pelatihan dan pendampingan aplikasi Virtual Class bagi guru dan peserta didik; 5)Pelatihan dan pendampingan pimpinan sekolah memonitoring pembelajaran daring aplikasi Virtual Class. Evaluasi kegiatan dilakukan setiap selesai pelatihan dan pendampingan serta keberlanjutan dilakukan minimal 2 bulan sekali dalam 1 tahun setelah program selesai dilakukan. Diharapkan SMA di Kota Surabaya yang memiliki permasalahan tentang media pembelajaran dapat diberikan Training of Trainers oleh SMA Wijaya Putra Surabaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Learning Management System, Virtual Class, Sekolah Menengah Atas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:00
Last Modified: 19 Sep 2022 05:07
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3514

Actions (login required)

View Item View Item