Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pdam Kabupaten Gresik (Studi Pada Kantor Pusat Perusahaan Daerah Air Minum Kab. Gresik)

Armina, Diana (2021) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pdam Kabupaten Gresik (Studi Pada Kantor Pusat Perusahaan Daerah Air Minum Kab. Gresik). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pdam Kabupaten Gresik (Studi Pada Kantor Pusat Perusahaan Daerah Air Minum Kab. Gresik))
SKRIPSI_ARMINA DIANA _ 17031031 PRINT_removed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan , kelemahan , peluang , dan tantangan dalam meningkatkan kualitas pelayanan PDAM Kab.Gresik dan mengetahui rekomendasi strategi untuk meningkatan kualitas pelayanan PDAM Kab. Gresik. Latar belakang dari penelitian ini yaitu banyaknya keluhan dari pelanggan kepada PDAM Kab.Gresik sebagaimana keluhan tersebut mempunyai point” yang sama namun belum teratasi secara maksimal. Dalam penelitian ini teori yang digunakan yaitu teori kualitas pelayanan oleh parasuraman dengan 5 dimensi yaitu Bukti Langsung , Keandalan , Daya Tanggap , Jaminan , Empati serta menggunakan Analisis SWOT .Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Kantor Pusat PDAM Giri Tirta Kab.Gresik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara , dokumentasi , obsevasi . Adapun pengujian dari 5 dimensi tersebut yang memiliki titik lemah yaitu dari dimensii keandalan , daya tanggap , dan empati yang banyak dikeluhkan oleh pelanggan . Dan hasil dari analisis SWOT sendiri yaitu Kekuatan:Disediakan layanan online sehingga tanpa perlu datang ke kantor,. Kelemahan:Sistem informasi layanan pengaduan belum berfungsi secara optimal . Peluang :Tidak ada daya saing dari pihak. Ancaman :Slowrespon layanan pengaduan membuat tingkat komplain semakin tinggi . Sehingga dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini bahwa kualitas pelayanan PDAM Giri Tirta masih kurang baik jika diihat dari kekuatan , kelemahan , peluang dan ancaman , maka dari itu direkomendasikan sebuah strategi yaitu , menciptakan automating quality , mengembangkan/ mengupgrade sistem informasi layanan pelayanan, mendidik konsumen tentang layanan pengaduan,menumbuhkembangkan budaya kualitas, penambahan pegawai (SDM) teknisi berkualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi kualitas pelayanan , PDAM Kab.Gresik , SWOT .
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:53
Last Modified: 19 Jul 2022 08:53
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3478

Actions (login required)

View Item View Item