Efektivitas Psikoedukasi Keterampilan Sosial Untuk Menurunkan Kecemasan Sosial Pada Remaja Tunarungu

Agustin, Ardianti (2019) Efektivitas Psikoedukasi Keterampilan Sosial Untuk Menurunkan Kecemasan Sosial Pada Remaja Tunarungu. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 17 (1): 2. pp. 9-13. ISSN 2528-3227

[img]
Preview
Text (Caver)
Cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Efektivitas Psikoedukasi Keterampilan Sosial Untuk Menurunkan Kecemasan Sosial Pada Remaja Tunarungu)
jurnal ardianti.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
Plagiarism Checker.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review)
Peer Review.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kecemasan sosial pada remaja tunarungu melalui psikoedukasi keterampilan sosial. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment One qroup Pretest-Posttest design dengan intervensi psikoedukasi keterampilan sosial. Sample penelitian ini adalah 6 (enam) orang siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling melalui tahapan observasi serta wawancara langsung baik kepada siswa maupun guru kelas yang berada di SMA Karya Mulia Surabaya. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan uji mann whitney test dan hasilnya adalah Z = - 2,741 dengan taraf signifikansi 0,006 artinya menunjukkan adanya perbedaan skor kecemasan sosial yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian psikoedukasi keterampilan sosial. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa psikoedukasi keterampilan sosial efektif menurunkan kecemasan sosial pada remaja tunarungu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan sosial; kecemasan sosial; remaja tunarungu
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 13 Jan 2020 10:33
Last Modified: 13 Jan 2020 10:33
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item