Bunda Paud Melati Ceria Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Dan Dewi Sartika Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes Surabaya

Sunarmi, Fransisca Romana and Prihantini, Apsari Fajar and Indrawati, Mei (2019) Bunda Paud Melati Ceria Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Dan Dewi Sartika Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes Surabaya. PKM-CSR, 2. pp. 751-757. ISSN 2655-3570

[img]
Preview
Text (Bunda Paud Melati Ceria Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Dan Dewi Sartika Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes Surabaya)
592-Article Text (Fullpaper)-2954-1-10-20200129-SISKA-2019.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
BUNDA PAUD MELATI CERIA KELURAHAN PUTAT JAYA KECAMATAN SAWAHAN DAN DEWI SARTIKA KELURAHAN MANUKAN KULON KECAMATAN TANDES SURABAYA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam PKM ini menitikberatkan ke kreatifitas bunda-bunda PAUD dan penambahan sarana prasarananya maka pengabdian masyarakat ini ditujukan ke 2 mitra, yakni : Pada mitra ke 1 ini adalah PPT pos PAUD terpadu Melati Ceria RW 14 kel. Putat Jaya kec. Sawahan, yang memiliki siswa 100 anak usia dini dengan para bundanya 8 orang terdiri dari 3 orang lulusan SMP, 4 orang lulusan SMA dan 1 orang sarjana bukan bidang pendidikan. Tempat pembelajarannya di pendopo makam Tionghoa yang terbuat dari papan, tidak mempunyai MCK sehingga bila siswa akan buang air besar/kecil menumpang tetangga sekitar. Melihat latar belakang pendidikan bunda PAUD tersebut perlu penambahan pengetahuan tentang pembelajaran dan perangkatnya serta sarana prasarana. Pada mitra ke 2 ini adalah PAUD Dewi Sartika RW IX Kelurahan Manukan Kulon – Tandes, bertempat di balai RW 09, siswa berjumlah 57 anak, bunda PAUD berasal dari simpatisan ibu-ibu PKK yang berijazah SMA ada 5 orang, SMK 1 orang dan Sarjana ekonomi 2 orang, terlihat sebagian besar bunda PAUD tidak berkwalifikasi guru. Berdasarkan uraian analisis situasi yang ada, permasalahan dari mitra 1 dan 2 adalah :1)Tidak mengetahui teori perkembangan anak. 2) Tidak mengenal model-model pembelajaran. 3) Tidak mengerti manajemen sekolah. 4)Sarana prasarana seadanya. 5)Media pembelajaran tidak memadai. 6)Tidak ada MCK. 7)Para pengajar tidak berkualifikasi guru. Solusinya adalah : Memberi pelatihan dan pendampingan terhadap kepala sekolah dan bunda PAUD dengan mengadakan workshop tentang : a)Perkembangan Anak. b) Pembelajaran Inovatif . c)Pembuatan media (alat peraga). d) pembuatan Silabus dan RPP. c)Mengenalkan model pembelajaran. d)Menambah sarana prasarana. (membuatkan MCK). Luaran yang dicapai adalah : 1) Jurnal Nasional ISSN 2) Media masa (koran) 3) jurnal/prosiding 4) buku ajar BerISBN

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bunda PAUD, Media, Model Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 19 Jul 2021 07:27
Last Modified: 19 Jul 2021 07:27
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item