Penjaminan Mutu dan Model Pencegahan Kecurangan (Fraud) Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Wibowo, Nugroho Mardi and Utari, Woro and Muhith, Abdul and Widiastuti, Yuyun and Rahma, Puti Aulia (2019) Penjaminan Mutu dan Model Pencegahan Kecurangan (Fraud) Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kresna Bina Insan Prima, Surabaya. ISBN 978-602-6276-86-5

[img]
Preview
Text (Penjaminan Mutu dan Model Pencegahan Kecurangan (Fraud) Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN))
21. buku_Penjaminan_Mutu___Model_Penceg 2019.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
Penjaminan Mutu dan Model Pencegahan Kecurangan (Fraud) Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pertama-tama, penulis mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, taufik dan hidayahNya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan penyusunan buku yang berjudul “Penjaminan Mutu & Model Pencegahan Kecurangan (Fraud) Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)”. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dengan adanya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diharapkan kualitas pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan dengan pembiayaan yang efisien. Dalam pelaksanaan program JKN pihak fasilitas kesehatan (rumah sakit dan puskesmas) dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu namun harus efisien dalam pengeluaran pembiayaan yang tidak perlu. Pengendalian mutu dan pengendalian biaya merupakan
sesuatu yang sangat penting dalam penyelenggaraan program JKN. Pihak fasilitas kesehatan diharapkan memiliki model penjaminan mutu yang baik sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan dapat sesuai dengan harapan bersama. Disisi lain dengan pemberlakuan tarif INA-CBGs dalam program JKN, pihak rumah sakit merasa menganggap tarif tersebut masih jauh di bawah tarif normal rumah sakit. Kesenjangan tarif tersebut sangat mungkin menjadi pendorong adanya potensi fraud (kecurangan) pelayanan kesehatan dalam program JKN.
Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada tahun 2019. Sebagai overview buku ini menjelaskan penjaminan mutu pelayanan kesehatan dalam
pelaksanaan program JKN. Disamping itu buku ini mengulas potensi adanya kecurangan (fraud) dalam pelayanan kesehatan program JKN. Pihak yang melakukan fraud dapat merugikan pasien dengan menurunkan mutu pelayanan kesehatan. Oleh kerena itu dalam buku ini juga memberikan solusi untuk mencegah fraud dengan adanya model pencegahan potensi fraud pelayanan kesehatan program JKN beserta contoh kasus penerapan analisa potensi fraud di rumah sakit. Akhir kata tidak ada gading yang tak retak, tentunya tidak ada karya manusia yang sempurna. Dalam kesempatan ini penulis mengharapkan kritik yang membangun dan saran demi kesempurnaan buku ini.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Penjaminan Mutu dan Model Pencegahan Kecurangan (Fraud) Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Buku
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 17 Jun 2021 08:02
Last Modified: 17 Jun 2021 08:05
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item