Kualitas Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

Muhammad, Choirul Badri (2017) Kualitas Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Kualitas Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik)
0410000001729.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 menjelaskan bahwa kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Dan juga telah ditetapkan bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, setiap elemen masyarakat baik individu, keluarga, berhak memperoleh pelayanan atas kesehatannya dan pemerintah bertanggung jawab mencanangkan, mengatur menyelenggarakan dan mengawasi penyelenggaraan kesehatan secara merata dan terjangkau oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu tingkat kualitas pelayanan Puskesmas kepatihan di Kecamatan menganti Kabupaten gresik . pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah individu. Dengan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada pasien dan survey langsung untuk memperoleh data-data yang diperlukan tentang bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas. Hasil Penelitian terhadap kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas kepatihan di Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik diukur dengan menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan publik yakni Bukti Langsung (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (ResponsivEness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empaty). Pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas telah efektif karena telah mendapatkan penilaian yang baik oleh masyarakat berdasarkan kelima indikator peniaian yang digunakan, hal ini ditunjukan dengan rekapitulasi kelima indikator kualitas pelayanan sudah berada diatas 60%, hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan sudah baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 2
Date Deposited: 03 May 2021 04:42
Last Modified: 03 May 2021 04:42
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item View Item