PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA ERA OTONOMI DAERAH STUDI DI KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK

KARTINI, KARTINI (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA ERA OTONOMI DAERAH STUDI DI KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA ERA OTONOMI DAERAH STUDI DI KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK)
S52.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kartini, NPM. 12141022Pengaruh Kualitas Pelayanan Kependudukan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Era Otonomi Daerah di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Skripsi program studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Surabaya dibawah bimbingan Bapak Supriyanto. S.Sos. M.Si. Pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanana publik sebagai upaya pemenuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan Perundang-undangan, untuk menganalisa efektifitas pelayanan di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik, untuk mengetahui factor kendala pelayanan kependudukan di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik, jenis penelitian kuantitatif teknik pengumpulan data dengan kuesioner, data primer dan data skunder. Berdasarkan survey awal penelitian dilapangan pada masyarakat Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik mengatakan bahwa pengurusan pelayanan kependudukan, dirasakan masih berbelit-belit, ketidak tepatan waktu pelayanan,sebagian dari aparat pemerintah Kecamatan Driyorejo juga dalam layanan kurang ramah, dan tidak kelengkapan sarana dan prasarana di Kantor Kecamatan Driyorejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kependudukan terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Driyorejo dan untuk menentukan variabel dari kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.Sampel yang diambil 34 orang dari seluruh populasi 200 orang dengan rumus slovin. Hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi linear berganda menunjukan bahwa secara parsial kehandalan/reliability mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Dari hasil pembahasan yang telah dijelaskan pada bab-bab sebelumnya, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel Kualitas Pelayanan (X)menunjukkan nilai koefisien regresi positif denga nilai R = 0.714 yang berarti bahwa sebesar 71.4% Kepuasan Masyarakatdapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Pelayanan (Y), hal tersebut menunjukkan adanya arah positif atau hubungan searah dari variabel Kualitas Pelayanandengan Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Driyorejo. Sehingga hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat” terbukti dan dinyatakan diterima. Disarankan kepada Kantor Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik dan Dinas terkait untuk sering melakukan sosialisai kepada masyarakat. Perbaikan kualitas pelayanan terhadap masyarakat agar bias mencapai tujuan yang di inginkan dan masyarakat mendapatkan kepuasan layanan yang baik. 2

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 29 Apr 2021 05:07
Last Modified: 29 Apr 2021 05:07
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item