ANALISIS KINERJA PETUGAS CATAT METER DALAM UPAYA PENURUNAN SUSUT (LOSSES) DI PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA ( Studi pada PT PLN (Persero) Area Surabaya Utara Rayon Perak )

ABDUL ROZAQ, ACHMAD (2016) ANALISIS KINERJA PETUGAS CATAT METER DALAM UPAYA PENURUNAN SUSUT (LOSSES) DI PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA ( Studi pada PT PLN (Persero) Area Surabaya Utara Rayon Perak ). Other thesis, UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA.

[img] Text (ANALISIS KINERJA PETUGAS CATAT METER DALAM UPAYA PENURUNAN SUSUT (LOSSES) DI PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA ( Studi pada PT PLN (Persero) Area Surabaya Utara Rayon Perak ))
S59.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Abdul Rozak Achmad, NPM : 12141023, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Administrasi Publik, Universitas Wijaya Putra Surabaya, September 2016, “Analisis Kinerja Petugas Catat Meter Dalam Upaya Penurunan Susut (Losses) Di Perusahaan Listrik Negara ( Studi pada PT PLN (Persero) Area Surabaya Utara Rayon Perak ) ” pembimbing Suprayoga, SE., M.Si. Pada Undang-undang Republik Indonesia No. 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara disimpulkan bahwa pemerintah Indonesia mendirikan BUMN dengan dua tujuan utama, salah satunya bersifat ekonomi. Namun, berdasarkan hasil evaluasi pemerintah, BUMN selama ini masih dianggap belum memadai, seperti tampak pada rendahnya laba yang diperoleh dibandingkan dengan modal yang ditanam. Demikian dengan PT. PLN (Persero). Sebagai sebagai perusahaan yang memonopoli akan kebutuhan listrik masyarakat di Indonesia tentunya tingkat Susut/Losses (suatu bentuk kehilangan energi listrik yang berasal dari selisih sejumlah energi listrik yang tersedia dengan sejumlah energi listrik yang terjual) harus selalu ditekan agar tidak mengalami kerugian. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan kinerja petugas catat meter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja petugas catat meter dalam upaya penurunan susut (Losses) di PT. PLN (Persero) Area Surabaya Utara Rayon Perak. Jenis penelitian kualitatif jenis deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Indikator yang gunakan untuk mengukur kinerja para petugas catat meter yaitu Kualitas kerja, Kuantitas kerja Penggunaan waktu dalam bekerja dan Kerja sama dengan orang lain serta menggunakan Service Level Agrement dari PT. PLN (Persero) sebagai acuan standar operasional kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja petugas catat meter dalam melakukan penekanan tunggakan sudah cukup baik, terbukti dari pencapaian target tunggakan pada tahun 2015 yang melebihi 0,48% dari target awal. Namun dalam melaksanakan pemutusan 70% petugas catat meter tidak bisa melakukan tindakan represif kepada pelanggan yang menunggak. sedangkan kinerja petugas catat meter dalam melakukan pencatatan Stand kWh meter sudah cukup baik. terbukti dengan terpenuhinya target pencatatan stand kwh meter dalam jangka waktu 10 hari serta minimnya jumlah kelainan baca meter yang disebabkan rumah tutup yang hanya mencapai 0,7% dari total pelanggan. untuk kelainan baca meter yang disebabkan alamat tidak ketemu (ATK) pada tahun ini sudah berkurang 67% dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan waktu dan kerja sama yang dilakukan Petugas catat meter sudah cukup baik. Dengan dilakukannya evaluasi rutin setiap bulannya dapat membawa dampak baik dengan tercapainya target penekanan tunggakan pada tahun 2015.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Kualitas,Susut (Losses)
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mudah Perpustakaan
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:54
Last Modified: 29 Apr 2021 04:54
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item View Item