Penciptaan Keunggulan Bersaing Ukm Batik Melalui Penerapan Teknologi Pengering Batik Dan Digital Marketing

Wibowo, Nugroho Mardi and Karsam, Karsam and Widiastuti, Yuyun and Siswadi, Siswadi (2020) Penciptaan Keunggulan Bersaing Ukm Batik Melalui Penerapan Teknologi Pengering Batik Dan Digital Marketing. In: Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibilty (PKM-CSR), 2020.

[img]
Preview
Text (Penciptaan Keunggulan Bersaing Ukm Batik Melalui Penerapan Teknologi Pengering Batik Dan Digital Marketing)
759-Article Text (Fullpaper)-4657-1-10-20201218.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hasil Plagiarisme)
Penciptaan Keunggulan Bersaing Ukm Batik Melalui Penerapan Teknologi Pengering Batik Dan Digital Marketing.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review)
Peer Review Nugroho 6.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Beberapa permasalahan UKM termasuk UKM Batik antara lain proses produksi masih menggunakan cara-cara tradisional dan keterbatasan dalam memasarkan produknya. Berangkat permasalahan tersebut kami melakukan kegiatan pengabdian masyarakat Program Pengembanganan Produk Unggulan Daerah pada mitra “Batik New Colet”, Desa Jatipelem Kecamatan Diwek Kebupaten Jombang. Persoalan yang muncul pada setiap tahunnya terutama musim penghujuan adalah proses penjemuran memerlukan waktu lama bahkan tidak bisa kering karena hujan atau cuaca mendung dalam sehari. Kondisi ini akan memperlambat proses produksi dan menurunkan kualitas produk karena hasil pewarnaan berubah karena proses pengeringan tidak sempurna. Pada sisi pemasaran produk, mitra juga mengalami kendala karena hanya mengandalkan cara getok tular sehingga saat pandemi Covid-19, penjualan merosot tajam. Tujuan program ini adalah meningkatkan dan menjaga konsistensi kapasitas produksi serta mengurangi produk cacat pada proses pengeringan. Kedua, memperluas wilayah pemasaran serta mengembalikan dan meningkatkan trend penjualan seperti saat sebelum pandemi Covid-19. Metode program ini adalah perancangan dan pembuatan rumah oven batik, pelatihan dan pendampingan penggunaan rumah oven batik. Kedua, pelatihan dan pendampingan strategi pemasaran berbasis digital marketing. Program ini menghasilkan: 1) waktu proses pengeringan kain batik menjadi enam kali lebih cepat dan kapasitas produksi meningkat 22,25%; 2) produk tidak cacat meningkat menjadi 98%; 3)penjualan meningkat sebesar 14,66% dibanding tahun sebelumnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: rumah oven batik, digital marketing, produk cacat, pandemi covid-19, batik colet Jombang
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 28 Apr 2021 08:57
Last Modified: 20 Dec 2022 08:31
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2699

Actions (login required)

View Item View Item