Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Dari Sektor Pajak Di Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya

Arif, Yuniarto (2009) Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Dari Sektor Pajak Di Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Dari Sektor Pajak Di Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya)
0410000001704.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah dan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah kota Surabaya untuk meningkatkan penerimaan pajak kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pajak reklame di kota Surabaya masih kurang optimal. Hal ini bisa dilihat dari kontribusi pajak reklame terhadap PAD pada tahun 2004- 2008 yang rata-rata hanya mencapai 7,93% atau dalam kriteria kurang. Sedangkan, dari segi efektifitas, maka dapat diketahui bahwa pengelolaan pajak reklame berada pada kriteria cukup efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran tentang intensifikasi pemungutan pajak Reklame di Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yakni untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai masalah-masalah yang diteliti, menginterpretasikan serta menjelaskan data secara sistematis pada Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu melakukan wawancara kepada responden yang berisi pertanyaanpertanyaan mengenai hal yang berhubungan dengan penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa intensifikasi pemungutan pajak reklame di Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya sudah cukup baik atau efektif. Namun hendaklah intensifikasi tersebut dapat ditingkatkan agar tujuan dari organisasi yaitu meningkatkan penerimaan pajak dapat terpenuhi. Sementara untuk mengukur intensifikasi pemungutan pajak reklame yaitu dengan melihat tingkat kepatuhan wajib pajak yang diukur melalui aspek Psikologis dan aspek yuridis. Aspek Psikologis terdiri dari Penyuluhan, Pelayanan dan Pemeriksaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: konstribusi, pajak reklame
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:09
Last Modified: 22 Apr 2021 04:09
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item