Persepsi Pasien Terhadap Efektivitas Sistem Antrianpendaftaran Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik

Ninik, Wijayanti (2016) Persepsi Pasien Terhadap Efektivitas Sistem Antrianpendaftaran Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Persepsi Pasien Terhadap Efektivitas Sistem Antrianpendaftaran Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik)
0410000001702.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pelayanan yang selama ini belum dirasakan baik oleh pasien adalah adalah pada saat pasien harus mengantri untuk mendapatkan pelayanan. Bagi pasien, harus mengantri dengan waktu yang tidak jelas untuk medapatkan pelayanan perawatan merupakan hal yang tidak diinginkan. Pasien berharap untuk sesegera mungkin mendapatkan pelayanan, terutama bagi pasien rawat inap. Mereka menginkan untuk mendapatkan pelayanan seseger mungkin. Akan tetapi hal tersebut masih belum dipeoleh dengan baik. Sistem dan prosedur harus dijalani dan salah satunya adalah melalui sistem antrian di loket pendaftaran untuk mendapatkan layanan termasuk pemeriksaan dan kamar bagi pasien rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien tentang efektivitas sistem antrian pendaftaran di di Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik.Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dalam antrian pendaftaran di Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Menurut persepsi pasien, bahwa sistem antrian di loket pendaftaran pasien rawat inap di RSUD Ibnu Sina Gresik sudah lebih baik akan tetapi masih kurang efektif. Hal tersebut ditunjukkan dengan masih banyak keluhan yang disampaikan oleh pasien. mereka menganggap bahwa pasien mengantri dengan waktu yang dirasakan cukup lama.Kendala yang dihadapi terkait dengan petugas loket pendaftaran dalam penerapan sistem antrian bagi pasien rawat inap di RSUD Ibnu Sina Gresik yaitu keterbatasan petugas loket serta terbatasnya sarana pendukung seperti halnya komputer sehingga petugas masih belum dapat melayani pasien yang mengantri dengan baik. Tingkat kedisiplinan pasien dan juga kesadaran dalam mematuhi tata tertib sistem antrian pendaftaran di loket pendaftaran masih kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Rumah Sakit, Efektivitas Antrian dan Pendaftaran Pasien
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:09
Last Modified: 22 Apr 2021 04:09
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2645

Actions (login required)

View Item View Item