Hubungan Antara Kinerja Aparatur Kecamatan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

Siti, Komarina (2017) Hubungan Antara Kinerja Aparatur Kecamatan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Other thesis, Universitas WIjaya Putra.

[img] Text (Hubungan Antara Kinerja Aparatur Kecamatan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik)
0410000001686.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan kualitas pelayanan yang menjadi tuntutan masyarakat harus di penuhi oleh aparat kecamatan sebagai penyelenggara pemerintah di kecamatan. Karena pada dasarnya menerima pelayanan yang memuaskan dari aparat pemerintah merupakan hak yang dimiliki setiap warga masyarakat. Pelayanan yang diberikan tanpa memandang status, pangkat, dan golongan dari suatu masyarakat. Pada saat yang sama masyarakat mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pelayanan tersebut dengan landasan yang bersifat umum dalam bentuk pedoman tata laksana pelayanan umum. Melalui keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 tentang pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum, pemerintah mengatur tata cara pelaksanaan tugas dan fungsi pelayanan di tingkat kecamatan. Khusus di Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik pemberian pelayanan masyarakat memerlukan perhatian yang serius dan tanggung jawab moral yang tinggi. Hal itu merupakan tantangan tersendiri bagi aparatur pemerintah, khususnya yang bertugas dikantor kecamatan untuk selalu memperlihatkan kinerja yang optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan realitas seperti itu, maka mereka harus berprilaku sebagai aparat yang bersih dan berwibawa, menegakkan disiplin dan penuh keihklasan dalam melayani masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kinerja aparatur kecamatan dan kualitas pelayanan pubik di Kantor Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kinerja aparatur kecamatan terhadap kualitas pelayanan pubik di Kantor Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Sesuai dengan tujuan penelitian yang hendak dicapai, maka penelitian ini merupakan penelitian penelitian terapan (applicatif science) dengan pendekatan kuantitatif. Hasil distribusi frekuensi skor, diperoleh rata-rata mean untuk variabel kinerja aparatur kecamatan adalah sebesar 3,15 sedangkan untuk variabel kualitas pelayanan publik sebesar 3,33. Nilai kedua rata-rata tersebut berada pada nilai tolak ukur antara 2,6 < x < 3,4 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan demikian bahwa kinerja aparatur kecamatan dan kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sidayu termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasar hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,830 yang berarti nilai tersebut mendekati 1 dengan demikian bahwa antara kinerja aparatur kecamatan mempunyai keeratan hubungan dengan kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sidayu. Semakin baik kinerja aparatur kecamatan, maka akan semakin baik pula kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sidayu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan dan Aparatur Kecamatan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:09
Last Modified: 22 Apr 2021 04:09
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item View Item