Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Di Dispendukcapil Gresik

Icha, Putri Handanyani (2017) Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Di Dispendukcapil Gresik. Other thesis, Universitas Wijaya Putra Surabaya.

[img] Text (Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Di Dispendukcapil Gresik)
0410000001669.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan masyarakat merupakan pendapat dari masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Sedangkan akta kelahiran merupakan dokumen akta yang dikeluarkan oleh penjabat yang berwenang untuk memberikan perlindungan, pengakuan, penentuan status pribadi dan status hukum atas peristiwa kependudukan yaitu kelahiran. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan metode pengumpulan data, dari data primer dan data skunder. Analisis data yang dilakukan adalah validitas data, reliabilitas data, dan pengelolaan kuesioner. Penyusunan hasil dan pembahasan serta simpulan dan saran berdasarkan penelitian. Dengan mengacu pada 8 indikator yang disampaikan Lovelock dalam Napitupulu dan Paimin ( 2007 ) yaitu Information, Consultation, Ordertaking, Hospitality, Carteking, Exception, Billing, and Payment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pembuatan akta kelahiran di dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten gresik sudah baik dengan total nilai sebanyak 2,82. Terbukti dengan masing – masing instrumen mendapatkan skor penilaian yang dominan pada kategori baik. Nilai tiap indikatornya adalah sebagai berikut : pada indikator Information sebesar 3,05, indikator Consultation sebesar 2,9, indikator Ordertaking sebesar 2,95, indikator Hospitality sebesar 2,93, indikator Carteking sebesar 2,6, indikator Exception sebesar 3,01, indikator Billing sebesar 2,83 dan indikator Payment sebesar 2,29. Dari beberapa aspek tersebut, skor nilai tertinggi adalah 3,05 dan 3,01 yaitu pada indikator Information dan Exception, sedangkan skor nilai terendah adalah 2,29 yaitu pada indikator Payment atau pada fasilitas pembayaran berdasarkan keinginan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Akta kelahiran, kepuasan masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:12
Last Modified: 22 Apr 2021 04:12
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2634

Actions (login required)

View Item View Item