Evaluasi Implementasi E-Government Pada Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan E-Ktp Di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik)

Syaifudin, Zuhri (2016) Evaluasi Implementasi E-Government Pada Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan E-Ktp Di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Evaluasi Implementasi E-Government Pada Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan E-Ktp Di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik))
0410000001663.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Peraturan pemerintah tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik Di Instansi Pemerintah Pusat Dan Daerah (E-Government) menjelaskan Penyelenggaraan Sistem Elektronik di lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, dalam pemanfaatan Teknologi Informasi guna meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas. penyelenggaraan pemerintahan. Namun Pemanfaatan E-Government di Indonesia terbilang masih jauh karena kurangnya tingkat kepedulian masyarakat dalam penerimaan teknologi baru. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Waseda University pada tahun 2012, pengguna E-Government Indonesia menempati peringkat 33 dari 55 negara. salah satu penerapan implementasi e-Government dalam pelayanan publik dengan penggunaan teknologi dan informasi adalah eKTP (elektronik kartu tanda penduduk). Indonesia dengan jumlah penduduknya yang besar memerlukan data kependudukan yang akurat. e-KTP merupakan cara baru jitu yang akan ditempuh oleh pemerintah dengan membangun database kependudukan secara nasional, Namun dalam implementasinya program e-KTP masih dinilai kurang berhasil dari segi kualitas pelayanan, hal ini terlihat dari banyaknya keluhan masyarakat terkait pelayanan e-KTP diberbagai media massa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Implementasi e-Government Pada Pelayanan E-KTP di Kecamatan Balong Panggang Kabupaten Gresik. Jenis penelitian kualitatif jenis deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Indikator yang gunakan untuk mengukur implementasi e-Goverment pada pelayanan e-KTP yaitu Komunikasi, sumber daya, Disposisi (sikap) dan Birokratis. Hasil penelitian menunjukan Implementasi e-Goverment yang dijalankan Kecamatan Balongpanggang pada pelayana e-KTP sudah berjalan cukup baik, hal ini terlihat dari Komunikasi yang dilakukan cukup menarik minat warga. hinga saat ini, warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP mencapai mencapai 43.519 jiwa. sumber daya yang dimiliki juga mendukung dalam mengimplementasikan e-Goverment pada pelayana e-KTP. Kecamatan Balongpanggang memiliki SDM yang berkompeten dan memiliki peralatan yang cukup memadai dalam melayani e-KTP. sedangkan Disposisi (sikap) dari Kecamatan Balongpanggan juga sudah cukup konsisten dalam mengimplementasikan e-Goverment Pada pelayanan e-KTP, hal ini menghasilkan respons positif dari masyarakat Kecamatan Balongpanggan. Dan Birokrasi yang dijalankan Kecamatan Balongpanggang dalam menjalankan proses pembuatan eKTP sudah cukup baik, namun struktur birokrasi pencetakan e-KTP yang dimonopoli oleh Kementerian Dalam Negeri masih kurang mendukung implementasi e-Goverment di Kecamatan Balongpanggang, Sehingga menyebabkan lamanya pendistribusi hasil jadi e-KTP kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, e-Goverment, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:12
Last Modified: 22 Apr 2021 04:12
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item