Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rsud Ibnu Sina Gresik (Study Pelayanan Rawat Inap Bagi Pasien Pengguna Bpjs)

Sari, Rahmawati (2016) Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rsud Ibnu Sina Gresik (Study Pelayanan Rawat Inap Bagi Pasien Pengguna Bpjs). Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rsud Ibnu Sina Gresik (Study Pelayanan Rawat Inap Bagi Pasien Pengguna Bpjs))
0410000001630.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sari Rahmawati, Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Surabaya. November 2015. Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD ibnu Sina Gresik (Studi Pelayanan Rawat Inap Bagi Pasien Pengguna BPJS), Pembimbing Dr. Hadi Susanto, MM. Sumberdaya yang paling banyak menyumbang sebagai pendukung kepuasan pasien rawat inap, salah satunya adalah perawat. Perawat merupakan ujung tombak pelayanan terhadap pasien dan keluarganya. Karena frekuensi pertemuannya dengan pasien yang paling sering. Sebagai responden adalah pasien rawat inap pengguna BPJS sebanyak 56 orang. Hasil analisis deskripsi dari kelima dimensi kualitas pelayanan rawat inap di RSUD Ibnu Sina Gresik tersebut antara lain Tangibles (penampilan fisik perawat) dalam kategori sangat tinggi, diukur dari kelengkapan seragam perawat, kerapian perawat, kebersihan perawat, kebersiahan lat untuk tindakan perawatan, kelengkapan fasilitas, kebersihan ruang perawatan. Reliability (keandalan perawatan) dalam kategori sangat tinggi, diukur dari kemampuan perawat memberikan kesan yang baik, kemampuan perawat saat melayani pasien, keterampilan perawat dalam melakukan tindakan keperawatan, perawat menginformasikan hal-hal penting yang akan dilakukan, tanggungjawab perawat atas tindakan yang dilakukan kepada pasien, kesesuaian tindakan keperawatan terhadap kebutuhan pasien. Responsiveness (daya tanggap perawat) dalam kategori sangat tinggi, diukur dari kesiapan perawat dalam memberikan tindakan keperawatan, ketepatan perawat dalam memenuhi kebutuhan pasien, tanggapan perawat terhadap keperluan pasien, kecepatan perawat dalam memenuhi keperluan pasien. Assurance (jaminan perawatan) dalam kategori sangat tinggi, diukur dari kepercayaan atas tindakan keperawatan yang dilakukan, kemampuan perawat dalam memberikan pelayanan, perawat membuat pasien merasa aman, perawat membuat pasien merasa tenang. Empathy (empati perawat) dalam kategori sangat tinggi, diukur dari kesopanan perawat terhadap pasien, perhatian perawat terhadap pasien, perawat memahami kebutuhan terhadap pasien, komunikasi perawat dengan pasien, kepedulian perawat terhadap kesulitan pasien, perlakuan semua perawat terhadap masing-masing pasien.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan,kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:12
Last Modified: 22 Apr 2021 04:12
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2629

Actions (login required)

View Item View Item