Analisis Kinerja Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Benjeng Di Kabupaten Gresik

Sholikin, Sholikin (2016) Analisis Kinerja Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Benjeng Di Kabupaten Gresik. Other thesis, Universitas Wijaya Putra.

[img] Text (Analisis Kinerja Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Benjeng Di Kabupaten Gresik)
0410000001616 OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Oleh karena itu Puskesmas dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu yang memuaskan bagi pasiennya sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakatnya. Rendahnya kinerja pelayanan akan membangun citra buruk pada Puskesmas, dimana pasien yang merasa tidak puas akan menceritakan kepada rekan-rekannya. Begitu juga sebaliknya, semakin tinggi kinerja pelayanan yang diberikan akan menjadi nilai plus bagi Puskesmas, dalam hal ini pasien akan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas. Puskesmas dapat mengetahui kinerja pelayanan dari para pasien melalui umpan balik yang diberikan pasien kepada Puskesmas tersebut sehingga dapat menjadi masukan untuk peningkatan kinerja pelayanan. Berdasarkan rekapitulasi tanggapan responden terhadap indikator pengukuran variabel kinerja pelayanan kesehatan di Puskesmas Benjeng Kabupaten Gresik, diperoleh nilai rata-rata tanggapan responden yaitu sebesar 3,73 yang termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian bahwa kinerja pelayanan kesehatan di Puskesmas Benjeng Kabupaten Gresik, menurut persepsi responden termasuk dalam kategori baik. Seperti halnya kinerja Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat maka perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius terutama yang berkaitan dengan SDM (sumber daya manusia) yang bekerja pada organisasi tersebut, sehingga dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi pencapaian tujuan organisasi maka dituntut kesadarannya, profesionalisme, kedisiplinan dan kinerja yang setinggi mungkin sehingga roda organisasi dapat berjalan dengan efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kesehatan, Puskesmas dan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: UPT Perpustakaan 1
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:12
Last Modified: 22 Apr 2021 04:12
URI: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/2624

Actions (login required)

View Item View Item